CP, Kehidupan, Kesehatan, Lifestyle

5 Cara Cermat Merawat Dispenser Agar Awet

Penggunaan perabot rumah tangga berteknologi canggih memang memudahkan rutinitas kita. Sehingga kita tak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga ketika menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Salah satu perabot yang kini lazim dimiliki rumah tangga modern adalah dispenser air.

Sekarang, model dan fitur dispenser makin beragam dan menarik. Anda bebas memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Namun Anda juga harus cermat merawat dispenser supaya tahan lama dan tak mudah rusak. Ulasan mengenai 5 cara cermat merawat dispenser berikut ini pasti akan mempermudah Anda.

Meletakkan Dispenser di Tempat Sejuk

Temperatur ruangan ternyata bisa mempengaruhi kualitas dispenser yang kita gunakan. Jadi, kita mesti meletakkan dispenser di tempat sejuk. Ruangan yang terkena sinar matahari langsung akan mempengaruhi komponen-komponen dispenser. Karena paparan sinar matahari tersebut bisa membuat komponen dispenser lekas rapuh. Sebaliknya, ruangan yang terlalu lembap malah dapat membuat dispenser jadi mudah berjamur. Jagalah temperatur dan kelembapan ruangan agar senantiasa stabil dan cocok untuk meletakkan dispenser.

Matikan Aliran Listrik Jika Galon Kosong

Dispenser air yang memiliki fitur pemanas dan pendingin pasti harus terhubung dengan aliran listrik selama 24 jam. Jika galon air dispenser sudah kosong, sebaiknya kita segera mematikan aliran listrik tersebut. Selain hemar listrik, hal sederhana ini juga dapat menjaga kualitas dispenser. Karena sistem pemanas dan pendinginnya tidak terus-terusan bekerja saat air sudah habis. Usahakan untuk segera mengganti galon air yang baru agar dispenser bisa dinyalakan lagi.

dispenser-air_sanex-d188-dispenser-air-isian-atas-dilengkapi-pintu---putih_1177251_2_01374

Sumber: matahariMalldotcom

Menguras Bagian Dalam Dispenser

Bagian dalam dispenser air harus dikuras minimal 2 bulan sekali. Tunggu sampai air galon habis agar kita bisa mengurasnya dengan mudah. Habiskan sisa air yang ada pada dispenser kemudian lepaskan komponen dispenser yang dapat dibongkar pasang. Basuhlah bagian dalam komponen dispenser dengan lap yang sudah dibasahi dengan air bersih. Ulangi tahapan tersebut beberapa kali bila masih ada kotoran yang tertinggal di dalam dispenser. Lakukan sampai dispenser kembali bersih dan siap diisi air.

Jangan Lupa Membersihkan Galon Sebelum Dipasang

Membersihkan galon sebelum dipasang ternyata merupakan salah satu hal penting dalam proses perawatan dispenser. Galon yang kotor akan membuat komponen dispenser jadi lekas kotor dan sulit dibersihkan. Air minum yang kita konsumsi pun jadi lebih higienis bila kita selalu membersihkan galon sebelum memasangnya. Nanti kita tak akan direpotkan karena komponen dalam galon yang lekas kotor saat digunakan.

Jauhkan Dispenser dari Barang Elektronik Lainnya

Alangkah lebih baik jika kita menjauhkan dispenser dari barang elektronik lainnya seperti kulkas atau microwave. Karena pancaran gelombang elektromagnetik dari barang elektronik lain akan mempengaruhi kinerja dispenser. Kita pasti tak mau kan dispenser kesayangan jadi mudah rusak hanya karena salah penempatan. Di samping itu, kita juga mesti menjauhkan dispenser dari kompor. Agar pancaran panas dan cipratan noda makanan tidak merusak dispenser. Usahakan untuk mengelap permukaan dispenser secara teratur agar tidak ada kotoran yang melekat.

Ingin membeli dispenser baru yang sesuai dengan kebutuhan?

Yuk klik dulu MatahariMall.com. Kini toko online terpercaya ini memiliki koleksi dispenser teknologi terbaru yang dibanderol dengan harga terjangkau. Kita bisa memesan dispenser yang kita butuhkan kemudian menyelesaikan pembayaran dengan cara pembayaran yang paling praktis. Berbelanja online di MatahariMall akan membuat kita hemat waktu dan biaya. Beli dispenser dan perabot rumah tangga lainnya jadi makin praktis bersama MatahariMall.

Share

Leave a Reply