Abstrak, Cerita Kita, Olahraga, Pilihan, Review, Writing

Banyak Cerita Dari #CatalanGP

Hari Minggu, tanggal 5 Juni 2015, telah berlangsung race MotoGP di Circuit de Catalunya, Spanyol. Sirkuit ini banyak banget tikungan, jadi pas nonton di race ini, bah! deg-degan dengan manuver-manuver nya, cyiin.

Banyak cerita yang harus disampaikan kepada khalayak  dari #CatalanGP, makanya mari dibaca sampai tuntas tulisan ini yah. hehe

source

1. Berita duka dari dunia MotoGP

Sebuah rutinitas para pembalap MotoGP sebelum pertandingan adalah sesi latihan bebas dan kualifikasi. Namun sayangnya, ada kabar duka yang membuat seluruh penggemar MotoGP bersedih hati. Ya, sebelum hari pertandingan, tepatnya ketika diadakan sesi latihan bebas, salah satu pembalap Moto2, Luis Salom #LS39, meninggal dunia.

Kejadian tragis ini terjadi ketika sesi latihan bebas almarhum masih tersisa 25 menit. Namun sayangnya, ketika di turn 12, motor yang dikendalikan tersebut melaju kencang kearah pembatas disudut jalan. Menurut berita yang beredar, tubuh Luis sudah terpisah dari motor, namun naas, tubuh Luis pun ikut menghantam motor dan mengenai dadanya. Dua mobil medis, dua mobil ambulan dan satu helikopter siap sedia di tempat kejadian untuk mengangkut Luis agar bisa mendapat pertolongan pertama. setelah diberikan pertolongan pertama dan dilakukan operasi pada tubuh Luis, Tuhan tetap mengambil nyawa-nya. Luis Salom dinyatakan meninggal dunia. Rest In Peace, Luis Salom.

FYI, Luis ini teman seperjuangannya Maverick Vinales ketika masih sama-sama di Moto2 loh. Hal ini mengingatkan kembali pada kejadian yang menimpa Simoncelli pada 2011 silam di Sirkuit Sepang, Malaysia. Simon kala itu adalah musuh Valentino Rossi yang juga dari satu negara yang sama, Italia. Bedanya, Simon kecelakaan ketika di arena balapan, yang awalnya tertabrak oleh rider lain, sedangkan Luis kecelakaan tunggal pada sesi latihan bebas.

Tak bisa dihindari, bahwa olahraga motor ini beresiko kecelakaan yang bisa menyebabkan kematian. Intinya, make a dessicion, and take the risk.

2. Perubahan layout sirkuit

Dengan terjadinya kecelakaan tunggal di Turn 12 yang mengakibatkan Luis Salom meninggal dunia, pihak penyelenggara MotoGP membuat kesepakatan untuk mengubah layout MotoGP dan mengadopsi layout F1. Yang mana turn 12 dan 10 mengalami perubahan. Gue kira, adanya kejadian ini membuat balapan dihentikan, namun ternyata keluarga Luis Salom memberi restu untuk tetap melangsungkan balapan meski sedang dalam keadaan berduka.

3. Seluruh tim pabrikan, pembalap hingga penonton berdoa bersama

Sebelum pertandingan dimulai, seluruh tim pabrikan, hingga pembalap melakukan doa bersama ditengah-tengah sirkuit sebagai sebuah penghormatan terakhir kepada Luis Salom. Sesi doa bersama ini juga dihadiri oleh beberapa tim dari Luis Salom. Sangat menyentuh, ketika ada dari salah satu timnya tak kuasa menahan air mata. Selamat jalan, Luis.

4. Posisi Lorenzo semakin melorot, Rossi mantap kepuncak.

Yap, posisi start lima besar adalah Marques, Lorenzo, Pedrosa, Barbera dan Rossi. Saat balapan dimulai, Lorenzo memimpin dan Rossi berada di posisi ke delapan. Namun ternyata, Rossi mampu mencapai posisi ketiga hanya dalam beberapa lap dan melewati dua pembalap sekaligus. Tidak lama memakan waktu lama, Rossi pun merebut posisi Lorenzo, hingga Lorenzo terus merosot ke posisi lima dan bersaing ketat dengan Maverick.

Selanjutnya terjadi perebutan posisi keempat antara Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo. Setelah beberapa Lap, Lorenzo masih tertahan di posisi ke lima bersaing ketat dengan Iannone dan berakhir tabrakan yang membuat mereka berdua tidak dapat melanjutkan balapan.

5. Iannone X Lorenzo

Jika pada seri kedua MotoGP 2016 yang berlangsung di sirkuit Gran Premio motul De La Republica Argentina, ada satu kejadian dimana dua pembalap dari satu pabrikan out of the race akibat tabrakan. Yap, kejadian fenomenal dalam tim Ducati, yaitu Andrea Ianonne yang menabrak rekan satu timnya, Andrea Dovisiozo hingga mereka tidak dapat meneruskan pertandingan dan Iannone di ganjar hukuman pengurangan point. Pada seri ke tujuh ini, Iannone melakukan kesalahan yang sama, duh!

Iannone menabrak Lorenzo.

Kalau kalian nonton secara langsung, pasti kalian lihat Lorenzo ketika belum bangkit berdiri memberikan reaksi kesal dengan menghentak-hentakkan kaki sambil terduduk dengan pandangan tepat ke arah Iannone. Lalu ketika keduanya bangkit berdiri, Iannone berusaha meminta maaf tapi tidak direspon dengan baik oleh Lorenzo, sehingga pihak security yang menggiring kedua nya memisahkan Iannone dan Lorenzo. Sumpah, Lorenzo kesel banget itu hahahaha.

Akibat kejadian ini, Iannone dihukum (lagi) dengan start di paling akhir pada seri akhir bulan ini. Jangan mengulangi kesalahan yang sama lagi, ya, Ian.

5. Persaingan yang ketat

Balapan kali ini cukup menegangkan, dengan banyaknya tikungan dan penampilan para pembalap yang ciamik guna mempertahankan posisinya.

Dimulai dari Battle for 4th antara Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo, battle for 5th antara Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone. Tidak hanya itu, perebutan posisi pertama juga terjadi antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di Lap-lap terakhir. wuussh! Menegangkan! Yang gue amati sih, performa motor Rossi hari itu lagi cemerlang banget, strategi nya juga bagus pas menyalip motor lain, pokoknya seruuu.

6. Ramadhan bulan yang penuh berkah

Yap! Balapan ini berlangsung dan ditayangkan secara live ketika masyarakat Muslim Indonesia melaksanakan shalat Tarawih karena esok hari sudah puasa ramadhan. Biasanya sebelum puasa Ramadhan kan setiap orang saling meminta maaf dan memaafkan, nah hal ini juga terjadi antara Valentino Rossi X Marc Marquez. Lho, kok mereka berdua?

Iya, setelah para pembalap melakukan selebrasi atas kemenangannya, pembalap yang naik podium satu, dua dan tiga masuk ke area yang juga menyimpan motornya *namanya apa yaaa*. Biasanya diarea tersebut, tim masing-masing pembalap saling memberikan selamat, dan juga ada sesi wawancara dengan berbagai pihak. Tapi ada satu hal yang menjadi sorotan seluruh dunia. YA! ROSSI DAN MARQUEZ SALAMAN! Alhamdulillah, yah. hahah

Semua penonton besorak ramai karena melihat hand shaking kedua pembalap yang sempat perang dingin diakhir musim lalu. Lihatlah kawan, makna Ramadhan bukan hanya umat Muslim saja yang merasakan, tapi juga RossiXMarquez yang saling memaafkan diawal puasa Ramadhan ini. hehe

source: motogpdotcom

7. Always in Our Heart #LS39 dan nomor 39

Jika di awal balapan, seluruh pembalap, tim mekanik dan segala unsurnya melakukan doa bersama di tengah arena, maka ketika pemberian piala di atas podium, masing-masing pemenang menggunakan baju yang bertuliskan Always in Our Heart sebagai sebuah dedikasi untuk Luis Salom.

Tidak hanya itu, jika kalian perhatikan dengan seksama, Marc Marquez mengubah nomor motornya #MM93 menjadi #MM39 . Nomor 39 ini adalah nomor yang digunakan Luis Salom.

Ohya, ini perolehan  point sementara, yaa. Pssst, karena Lorenzo tidak mampu menyelesaikan balapan, maka di seri kali ini, doi gak dapet point loh, hehe

  1. Marc Marquez ~ 125 Point
  2. Jorge Lorenzo ~ 115 Point
  3. Valentino Rossi ~ 103 Point
  4. Dani Pedrosa ~ 82 Point
  5. Maverick Vinales ~ 72 Point

Banyak cerita yang harus kalian ketahui dari Race di Circuit de Catalunya, Spanyol. Cerita duka, suka, menggembirakan dan segala sisi positif tentang menghargai sesama. Selamat jalan, Luis Salom. Kau akan selalu berada di hati para penonton dan pembalap sampai kapanpun.

With Love,

Mia Fajarani

Share

67 Comments

  • Reply

    muhammad afif

    June 9, 2016

    Ketemu blogger cewek yang membahas motogp, sedaap 😀

    Rest In Peace, Salom! Mungkin ini sudah takdirnya

    Badluck Lorenzo, Yosh Rossi bisa podium 😀

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 9, 2016

      Iya, Yamaha sedang di rundung sedih karena dari seri minggu lalu di Italia, hanya ada satu rider pabrikan yamaha yg mampu finis. Rossi masalah technical engine minggu kmrn. Dan mnggu ini Lorenzo yg tertabrak Iannone.hmm

  • Reply

    Julayjo

    June 10, 2016

    Hmm, motoGP emang penuh resiko. Untungya saya ga jadi atlet biker, kan mahal soalnya.. hihihu. Rip buat #Luis

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Pasti akan jadi ‘sesuatu’ kalau cewe jadi biker mak, hehe

  • Reply

    Natalia Bulan

    June 10, 2016

    Aku gangerti dan bukan penggemar MotoGP 😂. Tapi itu sedih banget ya kalo ada atlet yang meninggal di arena. #RIP Luis Salom.

    Btw, ada revisian dikit nih, Mi di bagian ini. Ini typo bukan?

    “Kalau kalian nonton secara langsung, pasti kalian lihat Lorenzo ketika belum bangkit berdiri memberikan reaksi kesal kepada Lorenzo”

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Iyaaa. Salah fokus itu haha. Makasih koreksi nya kaaa, sudah aku perbaharui hehe

  • Reply

    Susindra

    June 10, 2016

    Aku tidak paham MotoGP, takut melihatnya pula. Tapi dengan membaca ini, aku dapat banyak sekali informasi. dari kabar duka sampai baikannya 2 nama yg aku kenal dari selentingan berita. Aku bahkan tak tahu mereka perang dingin atau beragama muslim. Terima kasih Mia.

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Sama-sama mba Susi.
      Kebetulan mereka non muslim, mba hehe

  • Reply

    rini

    June 10, 2016

    moto GP aku taunya cuma Rossi sejauh ini. wkwkwk. keren kak mia yag mengulas moto GP di blog ini. Kan aku jadi tau, kalau baca di koran gitu ah udah males yang bahasannya serius gitu wkwkw

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Iya,pasti kenal nya Rossi haha karena sudah seperti landmark nya MotoGP. apaan landmark😂😂😂

  • Reply

    cutdekayi

    June 10, 2016

    Aku ga begitu mengikuti acara moto GP. Cuma tau kabar dari adik yang sering nonton aja.

    Emang, hobi balapan motor ini seram, menurutku. Tapi bagus juga sih dibikin wadan untuk balapan legal. Org yg suka balapan liar, diarahin ikut moto gp aja. Biar ga ganggu lalu lintas. #edisicurhat

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      😂😂 balapan pun ada porsi nya. Gak semua bisa jadi atlet balapan. Balapan liar di tambah suara knalpot yang bising. Rasanya pen tabok kek gitu motor haha

  • Reply

    Adi Setiadi

    June 10, 2016

    Motor GP Catalunya memang menghasilkan banyak sekali kejutan. Mba Mia suka main motor juga ya..

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Haha iyaaa, banyak sekali keseruan disanaa.
      Iya, suka berkendara motor, mas hehe

  • Reply

    TITIS AYUNINGSIH

    June 10, 2016

    Wah, moto GP saya tahunya cuma rossi sama lorenzo doang hehe. Setelah main kesini jadi tambah tahu lagi deh

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Wah coba deh kenalan sama Dani Pedrosa, di jamin gantengan dia drpd lorenzo xixixi makasih sudah mampir, mba.

  • Reply

    Robby Zulkifli

    June 10, 2016

    sedih banget ya mendengar berita duka dari salah pembalap dunia yaitu Luis Salom meninggal dunia :(

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Iya, sedih banget. Padahal balapan belom di mulai😭😭

  • Reply

    Andria Nur Wahyu

    June 10, 2016

    Aaaakkkkkkk sumpah. Ternyata Mba Mia hobi nonton GP yaaaa? ya, Ampun kemarin waktu nonton aku sampek teriak-teriak pas di 5 lap terakhir. Seruuu banget. Tapi sayang ya, sempat ada berita duka sebelumnya.

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Duh, iya nih suka MotoGP 😂😂 ih samaaa. Aku mah degdegan ih kalau nonton ginian, lap-lap terakhir itu sumpah bikin tegang mata ga bisa lepas dari tipi haha

  • Reply

    Anita Makarame

    June 10, 2016

    Benar-benar olahraga ekstrim ya. Sudah 2 berarti yang meninggal di motoGP ya?
    Kalo dulu rossi pernah pakai tongkat itu juga karena cidera motor?

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Iya, sudah dua yang meninggal di sirkuit selama 5 tahun terakhir, mba. Hehe

  • Reply

    Mahadewi

    June 10, 2016

    Sayang bgt aku ga paham bgt ginian haha. tp pas simoncelli itu sempet nonton dan sedih bgt

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Coba pahami, dan resapi😂😂 iya, tragedi Simon itu bikin nyess. Karena di tabrak, lalu tertabrak😢😢

  • Reply

    Ajen Angelina

    June 10, 2016

    Kasihan bangettt yang meninggal ituu masih muda..

    Btw ku tak suka nonton moto GP 😂😂
    Gak ada menariknya

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Embeerrr masih 25, karier nya masih bisa lebih tinggi. Tapi mau gimana lagi, Tuhan berkata demikian.
      Haha tiap orang pasti kesenangan dan kesukaannnya berbeda-beda, ka.

  • Reply

    Adi Nugraha

    June 10, 2016

    Jagoan saya juga meninggal di lintasan. Marco Simoncelli.

    Sejak beliau wafat saya sudah jarang nonton MotoGP lagi :(

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Waah, sangat sayang banget ya sama Simon? Sedih emang kejadian Simon kala itu hiks. We miss you Simon

  • Reply

    Nova Wijaya

    June 10, 2016

    Ini aku ga salah masuk blog kan ya? 😀 keren nih kak Mia..cewe sukanya Moto GP euy haha….jangan” ini pengaruh anak jalanan ya? :p

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Maaf, mau masuk blog bertemakan apa yah? 😂😂 gak ih, aku gak suka anak jalanan, tau ceritanya aja enggak.hiks

  • Reply

    bena

    June 10, 2016

    Mia doyan motogp ternyataaaaaaaaaaaaaa.
    wakakakkakaa.

    Hmmm, anuan gue kalo latihan di sirkuit sentul, males bener liatnya. merinding pas ngeliat belok2nya gitu :/

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Anuaaaannnn hahaha asooyy diajak kebut melulu kan cinta nya wkwk

  • Reply

    Kandida

    June 10, 2016

    Wah ada reviu hasil GP kmaren ya? Yg jadi top 5 emang udah master yaa..

    RIP, salom!

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Hehe iya, Maverick bisa di bilang blm terlalu expert karena masih muda hehe

  • Reply

    Dewi

    June 10, 2016

    Aku gak paham soal balapan begini, tapi kalau lagi nonton kadang betah

  • Reply

    Dede Ruslan

    June 10, 2016

    RIP Luis Salom, aku baru tahu ada berita duka. semoga amal ibadahnya diterima di sisi yg kuasa. oiya kalo lagi nonton motor gp bawaannya pengen aku yg naik motor gpnya wkwkwk

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Haha yuk naik motor yang di kendarai para pembalap MotoGP 😂😂 eh itu cuma bisa sendiri deh wkwk

  • Reply

    Oky Maulana

    June 10, 2016

    laki banget sist bahasnya beginian hahah

  • Reply

    Febi Febriany

    June 10, 2016

    amaze banget ada blogger cewe yang bahas motogp. aku taunya f1, itu juga dikit karena suka nemenin ade nonton.

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Haha jangan kageet kaa.hehe iya pasti fokus ke f1 karena ada rio haryanto hehehe

  • Reply

    Rinrin Rinjaniah

    June 10, 2016

    Turut berduka cita, atas kejadian tersebut. Aku nggak terlalu merhatiin sih soal motoGp tapi aku suka lihat Jorge dia ganteng, hehehe dan pastinya Rossi selalu menjadi juara yah

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Coba kamu lihat Dani Pedrosa deh ka Rin, dia lebih ganteng😭😭

  • Reply

    omith

    June 10, 2016

    RIP Luis Salom

    km kereeen mia, cewe2 bahas F1 yay. Ato emg suka balapan juga *eh

    emg ini olahraga tergolong resiko tinggi kecelakaan.
    semakin resikonsemakin digandrungi sepertinya apalagi bagi kaum adam.

    Ada ga sih F1 cewe?

    • Reply

      omith

      June 10, 2016

      ih koq gw jd nulis F1 maksud gw moto GP 😂

      lelah nulis 3x gagal masuk

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Aku ga suka balapan, aku takut main kejar-kejaran haha.
      Di MotoGP belum ada yang cewe, tapi di kejuaraan balapan motor lainnya ada kok yang cewe juga

  • Reply

    Adi Setiadi

    June 10, 2016

    Ka Mia ngikutin motor GP juga ya..mantap..sejak kapan ka?

  • Reply

    dony prayudi

    June 10, 2016

    with oak Mia, lengkap bingit bahasannya. Kemaren sempet baca juga tentang kabar duka itu, kabarnya terkena seragan jantung dulu baru jatuh dan nabrak ya? atau memang kecelakaan penyebab kematiannya?

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Memang kecelakaan sih dari berita yang beredar. Kecelakaan itu kan mengakibatkan trauma di bagian dada, dan itu pasti fatal banget karena sudah di operasi tapi tidak terselamatkan.lengkap banget ya😂😂

  • Reply

    Wulan

    June 10, 2016

    Wahhh miaaa selain Suka kpop Suka motor juga ya! Yang Ku kenal dalam aktor2 ini cuma Rossy doang! Hahahha 😂😂😂

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Haha iyaaa. Aku suka kok motor suka badminton hehehe kpop is namber wan😂😂

  • Reply

    jiah

    June 10, 2016

    mbak mia ngingetin aku sma temen cewek yg hobi motor gp. dulu aku ikut nntn, cuma kmarin memang gak liat. tau beritanya dr si kakak. sukur deh kalo mereka berdamai. senggolan macam dulu nggak lucu bgt

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Iya, senggolan gak sengaja padahal haha tapi kata race director Rossi ttp kalah😂

  • Reply

    Nabela

    June 10, 2016

    Udah lama gak nonton Moto GP dan ternyata seruuuu….
    RIP Luis Salom :(
    Alhamdulillah ya akhirnya Rossi dan Marquez.
    Rossi masih berjaya banget. Mantap!

  • Reply

    Fandhy

    June 10, 2016

    Iya balapan di gp catalunya kemaren emang rame, tapi tetep paling memorable yang pas si lorenzo ditabrak ianone, guling semua haha

    Langsung girang, ya secara fans VR46 X)

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Wkwk tabrakan itu sangat amat naas bagi lorenzo. Dia smpe kzel banget sama Ian, dan minta hukuman nya di tambah haha

  • Reply

    dikki cantona putra

    June 10, 2016

    wihhh motogp yang ane tau cuman rossi doang hihi tp banyak resiko yg akan ditempuh untuk menjadi juara motogp

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Iyap. Jangan kan juara MotoGP. Juara hati seseorang pun pasti penuh perjuangan untuk menempuh nya😂😂

  • Reply

    andhikamppp

    June 10, 2016

    Aku langsung liat video jatuhnya salom. duh, mengerikan.

    Aku pikir, Luis Salom itu yang kecelakaan karena motornya kebakar pas tabrakan beruntun.

    Btw, aku udah ga ngikutin GP semenjak Simoncelli meninggal, terakhir tau juara dunia itu marques dua tahun lalu karena kebetulan ada orang Honda yang order tshirt ke aku banyak banget

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Iya, tragedi Simon memang susah di lupakan hiks.
      Kalau yg ini murni kecelakaan tunggal, sama2 pedih liat nya.
      Waahhh orderan banyaaakkk kereen anak honda 😂😂

  • Reply

    Ryan Codeyan

    June 10, 2016

    Baru tau mba Mia suka MotoGP juga 😀
    Back, ntah kenapa pas tragedi sebelumnya nonton race di Catalunya deg-degan banget, akhirnya kejadian juga di sesi latihan. RIP Luis Salom.
    Ditambah perebutan posisi 4 & 5 Iannone x Lorenzo, serasa greget banget, karena setelah dilihat banyak kesalahan yang dilakukan Lorenzo
    Bisa dilihat merosotnya posisi dia. Untuk Rossi kali ini emang dia lagi cemerlang banget, belum bisa berkata apa=apa terutama dari pas di posisi 6 ke 1.
    Good Jobs Rossi

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 10, 2016

      Iya, Rossi performa nya lagi keren banget. Kita diajak flashback ke musim lalu pas dia di posisi 11 atau 14 dan bisa finish di posisi 4.

  • Reply

    Muhammad Zaini .com

    June 11, 2016

    Sekali lagi
    Olahraga memakan korban
    *hiks*

  • Reply

    Arif Munandar (Jung)

    June 11, 2016

    Wah, kemaren emang bener-bener race yang bikin berduka. Setelah dulu, insiden Simoncelli di Sepang. Btw, mbak Mia seneng F1 juga?

    • Reply

      Mia Fajarani

      June 11, 2016

      Iya, race yg penuh duka sekaligus kemenangan yang dahsyat efeknya hehe gak terlalu sih, karena gak begitu paham kenapa di F1 selalu ganti ban pas masuk pit stop😂

Leave a Reply