K-Drama, Writing

Drama Korea dan Sarana Promosi

Drama Korea yang semakin mendunia tentunya memiliki sponsor demi keberlangsungan produksi dan brand itu sendiri. Cara menyelipkan produk sponsor pada sebuah Drama Korea tentu saja unik dan tidak terkesan promosi, jika penonton tidak terfokus pada item yang disorot. Beda halnya dengan sinetron Indonesia, jika menyelipkan sebuah brand terkesan agak memaksakan hadir dalam sebuah scene. Baik dalam scene sang pemain sedang bermain ski sambil menggunakan Coat, atau pemain yang sedang melakukan adegan dandan ketika hendak pergi kencan dan bisa saja ketika sang pemain sedang melakukan percakapan melalui telepon selular.

Produk sponsor apa saja sih yang biasa muncul dalam drama Korea? Berikut ini ulasannya, check it out.

  1. Furniture

Hampir semua actor dan aktris membintangi iklan, atau biasa disebut CF (Commercial Film) sebuah  produk tertentu. Sebut saja Gong Yoo yang membintangi CF furniture merk Iloom. Saat itu Gong Yoo sedang terlibat dalam produksi drama Goblin, dan tentu saja brand Iloom ikut berpartisipasi dalam scene-scene-nya dengan sangat alami.

  1. Handphone

Brand yang muncul dalam suatu drama bukan berarti sang aktris atau aktor juga membintangi CF tersebut, bisa saja memang brand hanya sebagai sponsor demi kelancaran pemasaran. Di drama Goblin saja, terdapat banyak sekali produk sponsor yang dihadirkan, contohnya Handphone yang digunakan oleh karakter Kim Shin dan Grim Reaper pada scene pertama kalinya mereka menggunakan Smartphone adalah ponsel keluaran dari Samsung. Dengan kecanggihan yang ditawarkan, tentu para penonton tertarik untuk mencari tahu melalui om Google handphone jenis apa yang digunakan oleh para pemeran tersebut. Mulai dari Harga Samsung J1 Ace, Samsung S8 edge, atau ponsel Samsung jenis lainnya.

goblin

Pemasaran yang dilakukan oleh brand-brand pada sebuah drama korea dapat dikatakan sangat efektif. Lihat saja, banyak e-commerce atau online shop yang menyediakan barang-barang import dari Korea yang tentu saja peminatnya banyak.

  1. Kosmetik

Kosmetik saat ini masih menjadi sebuah produk yang sangat diminati masyarakat Indonesia karena promosi menggunakan kecantikan aktor dan aktrisnya, sebut saja merek Laneige. Kosmetik merek Laneige merekrut Song Hye Kyo sebagai Brand Ambassadornya, lalu menyelipkan produk pada drama yang dibintangi oleh SHK yang berjudul Descendants Of The Sun.

twldbs2

  1. Café

Drama Korea selain turut mempromosikan sebuah brand, juga sekaligus memperkenalkan restoran atau café yang menjadi tempat syuting pemain Descendants of the Sun, sebut saja Café Dal-Komm yang saat ini terkenal berkat sebuah scene dimana Song Hye Kyo sedang kencan Song Joong Ki. Tidak hanya itu, dalam drama Gentlemen Dignity, salah seorang pemeran utama ditampilkan sebagai seorang pengusaha café, Mango Six. Yang selanjutnya dalam drama The Heirs, Café Mango Six pun muncul sebagai tempat Park Shin Hye bekerja.]]

Selain itu, pada drama Uncontrollably Fond, terdapat banyak sekali produk sponsor yang digunakan, mulai dari kacamata, baju, sepatu, tas, handphone, kamera, hingga kosmetik. Hal ini mengacu pada aktor dan aktris yang membintangi drama tersebut, yaitu Suzy dan Kim Woo Bin. Suzy terkenal dengan Ratu-nya CF, di tambah lagi dengan Kim Woo Bin yang juga membintangi banyak iklan produk.

Jadi, menurut kalian, drama apa yang banyak sekali produk sponsornya?

Share

Leave a Reply