Kehidupan, Lifestyle, Mimpi

Memaknai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Pancasila.

Satu, Ketuhanan Yang Maha Esa

Dua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Kira-kira, kalian masih hafal bulir-bulir Pancasila yang biasa dibacakan setiap upacara hari senin semasa sekolah?

Pancasila dibacakan lantang didepan kawan-kawan semasa perjuangan berserta guru-guru saat upacara bendera. Gunanya apa? Agar ingat bulir-bulir Pancasila yang kemudian diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat

Pancasila dibuat tidak semata-mata asal buat, tetapi melalui pemikiran yang matang dan visional. Para Founding Father dalam membuat suatu gagasan tentu saja sudah memikirkan bagaimana gagasan itu akan tetap kokoh berdiri tanpa mudah dipengaruhi oleh perubahan jaman atau globalisasi.

Mari kita kupas satu demi satu makna Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketuhanan Yang Maha Esa. Kita hidup di negara Indonesia yang mempercayai adanya 6 agama, yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha dan Konghuchu. Semua orang berhak memeluk agama yang diyakini masing-masing tanpa ada paksaan dari negara. keenam agama yang berbeda-beda ini mampu hidup berdampingan tanpa perselisihan selama negara ini berdiri. Dan jangan sampai terpecah belah oleh karena perbedaan agama. Bukankah kita diciptakan untuk saling melengkapi?

Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Sesama manusia yang hidup dalam sebuah lingkungan rumah tangga, tentu harus saling menghormati sesuai adat dan istiadat yang berlaku. Mencoba mewujudkan terciptanya kemanusiaan yang adil dan beradab di Indonesia memang tidak mudah, namun kita harus tetap saling hormati dan berlaku adil terhadap sesama.

Persatuan Indonesia. Bhineka Tunggal Ika. Berbeda-beda namun satu jua. Berbeda Agama, berbeda budaya dan adat, tentu bukanlah menjadi persoalan bagi warga negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang berbeda suku dan ras. Coba bayangkan, jika kita tidak bersatu, mana mungkin kemerdekaan bangsa Indonesia dapat diraih?

Kerakyatan Yang Di Pimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan. Dalam menjalankan pemerintahan, Indonesia memiliki sebuah lembaga yang menjunjung tinggi permusyawaratan untuk menuju mufakat. Hal ini diwujudkan dengan adanya DPR dan MPR sebagai dewan perwakilan bangsa, yang mewakili berbagai macam suara warga negara Indonesia dari  Sabang sampai Marauke

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Yang tertinggi dari sebuah negara adalah Hukum. Apapun jabatannya, jika melakukan kesalahan tentu harus dihukum sesuai dengan kesalahan yang diperbuat. Tanpa memandang jabatan yang diemban, jumlah uang yang tersimpan, koneksi pejabat yang dimiliki atau berbagai hal yang mampu menjadi sebuah alasan bahwa Ia tidak berhak dihukum. Negara kita tentu sebuah negara huku, yang menjungjung keadilan bagi semua warga negaranya.

Apakah ada pihak yang ingin memecahbelahkan kita, sebagai bangsa Indonesia? Tentunya, ada! Lalu, apa yang harus diperbuat untuk mencegah perpecahan itu? Salah satunya berinovasi untuk kemajuan Indonesia. Sebuah inovasi memerlukan kreatifitas dan kerjasama tim yang tangguh untuk membuat nama Indonesia terngiang bagi mereka yang meremehkan, untuk menunjukkan bahwa Indonesia yang berbeda-beda ini dapat maju dan mebuahkan sebuah prestasi gemilang.

Banyak pihak-pihak yang telah membuat inovasi dan menghasilkan prestasi cemerlang atas nama Indonesia, namun tidak semua terekspos oleh para warga negaranya. Maka oleh karena itu, pemerintah melalui Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila atau UKP-PIP menyelenggarakan Festival Prestasi Indonesia, di Jakarta Convention Center pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2017. Festival Prestasi Indonesia ini merupakan sebuah penganugerahan kepada insan-insan cemerlang yang memiliki inovasi dan prestasi yang mengambil tema Pancasila Sumber Inspirasi Maju dengan tujuan memberikan apresiasi atas karya-karya terbaik putra bangsa dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi untuk memajukan bangsa

Kriteria putra-putri bangsa yang mendapatkan penghargaan atas prestasinya yaitu  pernah memperoleh penghargaan atau juara tingkat nasional dan internasional, jika belum pernah mendapat penghargaan, dapat dilihat dari apakah karya dan tindakan ikon tersebut memiliki dampak nyata dan pengaruh yang besar bagi lingkungan maupun profesinya.

Jika kamu penasaran mengenai kegiatan ini yang sudah dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo di JHCC hari ini, kamu bisa buka Twitter, Facebook maupun Instagram official UKP-PIP.

Pancasila sumber inspirasi maju dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mencapai kemakmuran bersama. Sudahkah kamu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

Share

Leave a Reply