Review, Techno, Waktu, Writing

(REVIEW) Go Pro Hero 5 Black Session

Pada tahun 2016, tepatnya bulan September 2016 Go Pro mengeluarkan series terbarunya, yaitu Go Pro Hero 5 Black dan Go Pro Hero 5 Session. Go Pro Hero 5 Black dilengkapi dengan layar sentuh, sedangkan Go Pro Hero 5 hanya kamera saja.

Tentu saja Go pro Hero 5 Black memiliki keunggulan lebih baik daripada Go Pro Hero series pendahulunya. Apa saja keunggulan dan kekurangannya? Mari disimak ulasannya berikut ini.

  1. Waterproof

Go Pro Hero 5 Black bisa dibawa bermain di air tanpa casing tambahan dengan maksimum kedalam 10 meter. Jadi kalau kamu punya Go Pro Hero 5 Black dan mau foto didalam air ala-ala kekinian, bisa kok tanpa housing, karena memang kamera ini dibalut oleh material anti air.

  1. Voice Control

Go Pro Hero 5 Black dilengkapi dengan fitur Voice Control. Fitur unik ini memudahkan kita dalam mengambil gambar dalam keadaan tertentu, contohnya selfie tanpa tergantung pada aplikasi yang terpasang di telepon selular.

Bahasa yang dapat dipahami hanya meliputi bahasa inggris UK\US\Aussie, Perancis, Belanda, Italia, Spanyol EU/N.A, China, dan Jepang, sesuai dengan pengaturan bahasa pada perangkat. Voice Control yang dapat dijalankan diantaranya yaitu :

  • GoPro start recording
  • GoPro stop recording
  • GoPro take a photo
  • GoPro shoot burst
  • GoPro start time lapse
  • GoPro stop time lapse
  • GoPro turn off

Nah, pada video dibawah ini, menggunakan kata perintah “Go Pro, take a video” dan taraaa mulai merekam dengan sendirinya.

Voice control juga memiliki kekurangan, yaitu kadang perintah yang diucapkan oleh user tidak dijalankan dengan baik oleh perangkat. Kalau kata manusia mah ya, “et budeg” hahahahahahahah

  1. Touch Display

Go Pro Hero 5 Black dilengkapi dengan layar sentuh 2 inch yang sangat responsive. Layar sentuh ini bisa digunakan untuk melihat hasil konten, mengubah peraturan, menyambungkan dengan aplikasi dan lainnya. Dapat dikataakan kamera action ini merupakan paket lengkap bak kamera DSLR .

Go Pro back

  1. Simple 1 Button Control

Terdapat dua tombol pada body Go Pro Hero 5 Black ini, yaitu tombol mode dan rana.

Tombol mode yang berada di samping body berguna untuk mematikan dan menghidupkan perangkat, mengubah mode dan mengaktifkan fungsi hilight.

Sedangkan tombol rana yang berada dibagian atas perangkat berguna untuk memulai perintah, seperti memotret, merekam, maupun menghentikan rekaman.

  1. GPS

Perangkat kamera action ini juga dilengkapi dengan GPS, untuk mendeteksi daerah tempat mengambil gambar. Sama halnya dengan kegunaan GPS pada telepon seluler.

  1. Field of view

Go Pro Hero 5 Black memiliki beberapa FOV untuk Photo terdapat pilihan Wide, Linear, medium, narrow. Sedangkan FOV untuk pengambilan video adalah Superview, Wide, Linear, Medium, dan Narrow.

FOV Superview pada pengambilan video tentu saja membuat gambar yang ditangkap lebih lebar daripada mode Wide. Jika diibaratkan, Wide menggunakan lensa fisheye, sedangkan Superview menggunakan dua kali lensa fisheye. Go Pro seri ini juga memiliki FOV Narrow jika user menginginkan pengambilan gambar seperti halnya menggunakan kamera telepon seluler.

collage go pro

Di dunia ini tidak ada yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Kuasa, betul? Nah, Go Pro Hero 5 Black juga terdapat kekurangannya, salah satunya adalah sering terjadi eror dengan aplikasi Capture yang terpasang di telepon seluler. Kejadian ini sering banget, sampai sempat terfikirkan bahwa telepon selular yang digunakan harus di lem biru, iya, lempar beli yang baru. Hueks. Selain itu, kapasitas baterai juga tidak terlalu besar, jadi cepat habis. Misalnya hari ini 100 persen full charged, digunakan 30 menit, eh sisa 80%, huhu.

Tapi secara keseluruhan Go Pro Hero 5 Black ini sangat worth it bagi pada penyuka olahraga ekstrem, vlogger, atau sekadar foto ngehits anak kekinian.

So, apakah kamu tertarik membeli Go Pro Hero 5 Black? Atau menunggu Go Pro Hero 6??? Tentukan jodohmu sekarang juga!

With love,

MF

Share

Leave a Reply