Cinta, K-Drama, K-Zone, Kehidupan, Music, Persahabatan, Writing

Super Junior dan Kita (Part 1)

Super Junior memiliki tempat tersendiri di hati masing-masing penggemar Korea, baik haters maupun pencintanya pasti kenal siapa itu Super Junior.

Super Junior resmi debut sebagai Boyband pada tahun 2005 dengan jumlah anggota 11 orang asli Korea dan 1 orang berasal dari China dengan mengeluarkan album perdana mereka, Twins. Selang setahun kemudian, Agensi Super Junior, SM Entertainment mengumumkan bahwa adanya penambahan satu anggota, yang berarti Super Junior berisi 13 orang.

Kejadian luar biasa yang membuat jantung berdebar dengan sangat keras terjadi pada tahun 2008, yaitu kecelakaan yang menimpa beberapa member hingga menyebabkan salah satu anggota, yaitu Kyuhyun, berada dalam kondisi kritis. Dan ternyata Tuhan masih memberikannya kesempatan untuk hidup hingga sekarang.

Sepertinya, kontroversi dan SJ merupakan sahabat baik, karena hingga terbentuknya beberapa subgrup, masih saja terjadi kontroversi, yaitu dalam pembentukan subgrup Super Junior M yang menambahkan dua orang anggota yang berasal dari China. Agensi menegaskan bahwa dua member tambahan di SJ-M tidak tergabung dalam grup Super Junior.

Namun, seiring berjalannya waktu, 13 anggota SJ perlahan di terima dan dua anggota tambahan pada SJ-M pun makin dicintai, hingga tahun 2009, Super Junior tetap tampil dengan formasi 13 orang dan SJ-M berformasi 7 orang.

Dengan ketenaran yang dimiliki dan popularitas yang sedang memuncak dengan lagu Sorry-Sorry, satu member Super Junior yang berasal dari China, Hangeng atau Hankyung mengajukan pembatalan kontrak ekslusif dengan manajemen, yang berarti memutuskan untuk keluar dari Super Junior. Sebuah tindakan yang membuat hati para ELF, sebutan fans Super Junior, menjadi hancur berkeping-keping. Setahun kemudian, satu anggotanya memilih hiatus dan tidak mengikuti berbagai macam kegiatan bersama Super Junior. Yap, per tahun 2011, Super Junior berisikan 11 orang.

Cobaan menjadi ELF bukan hanya sampai disitu, berbagai masalah pun terjadi, mulai dari Kangin yang terlibat pelanggaran mengemudi dalam keadaan mabuk dan memutuskan untuk wajib militer dini. Kangin merupakan member SJ yang pertama melaksanakan wajib militer. ELF disuruh untuk menunggu dua tahun lamanya, dan kami menunggu.

Wajib militer merupakan sebuah kegiatan menunggu hingga membuat banyak ELF pindah ke lain hati. Leeteuk, selaku Leader SJ akhirnya wamil pada tahun 2012, dan Super Junior memutuskan untuk hiatus mengeluarkan album dan selanjutnya posisi leader digantikan oleh Eunhyuk. Betul, ELF disuruh sabar menanti Leeteuk yang setahun kemudian Heechul juga masuk camp militer. Super Junior akhirnya melakukan comeback setelah hiatus panjang di akhir tahun 2014 dengan album Mamacita dan juga rencana World Tour-nya sebagai paket lengkap mengobati rasa rindu.

2015 merupakan tahun terakhir Super Junior mengeluarkan album studio, yaitu Devil. Selain itu, pada tahun yang sama, Kibum, anggota SJ yang memilih hiatus dari tahun 2010 mengumumkan bahwa dirinya telah resmi keluar dari SM Entertainment. Yup, sebuah pengumuman yang sangat melegakan hati ELF. Pada tahun yang sama pula, terbentuklah subgrup D&E yang terdiri dari Donghae dan Eunhyuk. Tidak hanya itu, Super Junior juga memiliki label sendiri dalam membuat, mempromosikan dan mengatur segala macam jadwal grup melalui Label SJ.

Banyak ELF yang menyambut dengan suka cita, karena dengan adanya Label SJ, SJ tidak terlihat terdiskriminasi seperti dulu, SJ membutikan bahwa mereka tetap solid meski badai menghadang, SJ tetap idol yang para membernya semakin tua begitupun penggemarnya.

Waktu berlalu, usia semakin bertambah dan beberapa member SJ juga harus melaksanakan Wajib Militer sebagai bentuk warga negara yang baik. Dengan hiatusnya SJ, beberapa member melakukan aktifitas solo, mulai dari Kyuhyun mengeluarkan album solo pertama dengan hits yang melekat dihati pecinta lagu, yaitu At Gwanghwamun, lalu Ryeowook dan disusul Yesung. Beberapa member melakukan aktifitas solo seperti akting, DJ Radio, MC, dan mengikuti berbagai variety show.

Di sela-sela hiatus menunggu beberapa member selesai wamil, ELF dikejutkan dengan kabar menikahnya Sungmin dengan wanita yang pernah dipasangkannya dalam kegiatan musikal. Shock? Tentu. Patah hati? Sudah pasti. Bahkan ELF banyak yang membenci Sungmin. Namun, menikah adalah hak semua manusia, dan Sungmin adalah manusia, dan fans adalah sebagai pendukung segala keputusannya.

Sebagai ELF, kita dituntut untuk berhati besar dan sabar dalam menghadapi segala macam keadaan, mulai kasus bunuh diri Ayah Leeteuk, kasus Kangin yang terulang kembali, hingga menunggu member termuda SJ selesai melaksanakan Wajib Militernya. Yaitu Kyuhyun, member SJ yang paling terakhir melaksanakan wamil diusianya yang ke tiga puluh pada tahun 2017 ini.

Prestasi apa saja yang didapat oleh SJ? Saya hanya bisa menjawab “banyak sekali”, karena jika saya sebutkan satu persatu, tulisan ini akan menjadi lebih panjang. Jika berkenan, silakan cari di laman wikipedia, disana tersusun rapi jumlah dan penghargaan apa saja yang dimiliki.

Mencintai Super Junior seperti halnya mencintai oraang yang tak mungkin dimiliki, menyakitkan, namun dengan kemurahan hati para member, kesakitan itu tak terasa. Yang ada hanya, Oppa adalah milik bersama.

Tumbuh bersama dengan Super Junior memiliki berbagai macam rasa dan pesan kesan. Dulu, ketika saya sangat menggilai SJ di usia belia, orang-orang selalu mengira saya aneh karena menyukai orang Korea yang kebanyakan operasi plastik dan menyukai drama yang bahasanya saja tak bisa dipahami. Tapi lihat saja sekarang, berapa banyak orang yang dulu mencomooh saya “aneh” akhirnya menyukai berbagai macam hal berbau Korea.

Kebersamaan para member Super Junior menyisipkan pesan bahwa teman adalah keluarga, apapun yang terjadi dengan temanmu, selalu lah berada disana menemani. Selain itu, keluarga adalah nomor satu, jangan lupa cintai keluargamu betapapun kamu mencintai Super Junior. Dan SJ juga mengajarkan untuk selalu mendukung mereka yang baru saja memulai karir.

Super Junior dan kita. Saksi berkembangnya Kpop Hallyu di dunia , meluasnya invasi Hallyu Wave di Indonesia, dan guru pembelajaran kehidupan yang hebat.

Share

Leave a Reply