CP, Kehidupan, Kesehatan

Tips Ampuh Mencegah Penyakit Diabetes di Usia Senja

Diabetes kini menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Jumlah penderitanya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Melindungi diri dengan asuransi kesehatan tentu harus dibarengi dengan pola hidup sehat. Jadi, kita mesti mulai konsisten menjalani pola hidup sehat mulai sekarang untuk mencegah diabetes.

Jika kini kita sudah memasuki usia senja, maka kita mesti melakukan beberapa tips ampuh mencegah diabetes berikut ini :

Menjaga Kestabilan Berat Badan

Kestabilan berat badan adalah salah satu kunci pencegahan diabetes. Lemak yang menumpuk pada tubuh memang berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Hal ini akan semakin parah bila kita gemar mengonsumsi makanan tinggi kalori. Oleh sebab itu, mulailah memperhatikan kestabilan berat badan. Jangan sampai tubuh terlalu kurus atau terlalu gemuk.

Jangan Malas Berolahraga

Olahraga akan membuat tubuh memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Efektivitas insulin pada tubuh kita pun bisa diandalkan untuk mengolah asupan gula yang kita konsumsi. Berolahraga secara teratur juga akan membantu proses pembakaran kalori. Sehingga berat badan kita senantiasa stabil.

Selalu Punya Waktu Tidur yang Cukup

Waktu tidur yang cukup akan mencegah risiko stres yang bisa mengancam kesehatan kita. Kalau kita kerap kali kurang tidur, pasti kadar gula darah menjadi tidak stabil. Insulin pun akan kesulitan mengatur kadar gula darah sehingga memicu tingginya risiko diabetes. Setidaknya kita harus tidur 7 jam setiap hari supaya senantiasa sehat.

Mengurangi Konsumsi Minuman Manis

Minuman manis memang menjadi godaan terbesar ketika kita makan. Rasanya segar sekali jika menikmati minuman manis ketika cuaca sedang panas. Namun mulai sekarang kita mesti membiasakan diri untuk mengurangi konsumsi minuman manis. Sebagai gantinya, konsumsi air putih tentu jauh lebih baik bagi metabolisme tubuh.

Memeriksa Kadar Gula Darah Secara Teratur

Orang yang mengalami diabetes kronis biasanya tidak pernah memeriksakan kadar gula darah. Supaya kita bisa menanggulangi ketidakstabilan kadar gula darah sedini mungkin, sebaiknya kita rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Kita bisa memeriksakannya minimal satu bulans sekali.

Jika kita menjalani pola hidup sehat dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan perorangan yang tepat, pasti kita tak akan khawatir lagi dengan kondisi kesehatan kita. Jagalah kesehatan mulai sekarang karena kesehatan adalah investasi berharga di masa kini dan masa mendatang.

Share

One Comments

  • Reply

    si A

    March 31, 2017

    Keluarga saya ada yg kena diabetes. Selain cek rutin, antisipasinya juga dg memberikan gula yg khusus diabet, carinya di priceza biar dapat bandingan harga yg terjangkau. Yg paling susah itu olahraga teratur. Walau kesannya gampang, tinggal jalan atau lari2 kecil…kalau udah muncul.kata “malas” waaah susah deh

Leave a Reply