CP, Kehidupan, Lifestyle, Pilihan

Apa Hukum Membaca Bismillah dan Doa Sebelum Wudhu

Ketika hendak siap solat, hal pertama yang dilakukan pastinya harus bersih dari segala najis, lalu berniat melaksanakan solat dan mengambil wudhu. Biasanya, dan bahkan kita biasa diajarkan membaca bismillah untuk setiap permulaan, begitu pula saat mau ambil air wudhu. Tapi, pernah nggak sih terlintas pertanyaan “emang baca doa sebelum wudhu itu hukumnya apa sih?”

Membaca bismillah sebelum wudhu memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Pasalnya, memang umat Islam ini sudah dianjurkan untuk membaca basmalah sebelum hendak melakukan hal baik, apapun itu. Namun, apakah membaca basmalah merupakan sunah ataukah kewajiban sebelum berwudhu?

Jika dilansir dari Republika.co.id, Syekh Muhammad Wissam yang merupakan Direktur Departemen Dar Ifta Mesir mengatakan bahwa menyebut nama Allah SWT atau membaca bismillah sebelum melakukan wudhu merupakan sunnah. Oleh karena itulah, maka orang yang sedang berwudhu namun tidak membaca bismillah terlebih dahulu wudhunya tetap sah.

Menurut Syeh Muhammad Wissam, membaca bismisllah sebelum melakukan wudhu memang lebih dianjurkan daripada tidak melakukannya. Hal ini dikarenakan membaca bismillah merupakan sunnah dari Nabi Muhammad SAW.

Dengan begitu, maka jika ada seseroang yang tidak membaca bismisllah sebelum berwudhu, maka seseorang tersebut akan kehilangan pahala melakukan sunnah ini. Syekh Muhammad Wissam ini memberikan tips kepada para muslim untuk selalu mempersiapkan diri dan berkonsentrasi ketika sedang berwudhu. Tujuannya adalah agar tidak sampai melewatkan sunnah untuk membaca bismillah.

Pahala Wudhu

Selain itu, Dar Ifta ini juga menyebutkan bahwa wudhu merupakan amalan dengan pahala yang luar biasa. Bahkan, hal ini sangatlah ringan untuk dilakukan. Wudhu disini disebut oleh Rasullah SAW bahwa hal ini bisa mengikis dosa-dosa dari seorang hamba ketika sedang melakukannya.

Besarnya ganjaran dari amalan bismisllah ini sangatlah disayangkan jika tidak Anda tambahkan ketika sedang melakukan wudhu. Nabi Muhammad SAW sendiri bersabda dalam beberapa hadist riwayat.

Dikatakan bahwa Nabi Muhammad bersabda, “barang siapa yang berwudhu dan membaguskan wudhunya. Menyempurnakan wudhu ini dengan cara memperhatikan fardhu dan sunnah-sunnah berwudhu. Maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya, dan dosa akan keluar dari bawah kuku-kukunya.” HR Muslim.

Selain itu, dikatakan juga dalam hadist riwayat lain, bahwa “Abu Hurairah RA berkata, “Rasulullah SAW bersabda bahwa apabila seorang muslim atau mukmin yang berwudhu lalu membasuh mukanya, mak akan keluar dan diampuni dosa-dosa wajahnya dimana selama ini dirinya telah melihat maksiat dnegan matanya bersama dengan air atau di percikan dari air. Ketika membasuh kedua tangannya, maka akan diampunilah dosa-dosa pada tangannya bersama dengan air atau bersama percikan akhir yang paling akhir. Ketika membasuh kedua kakinya, maka akan diampunilah dosa-dosa dari kakinya bersama air atau bersama percikan air yang terakhir. Hingga orang tersebut benar-benar bersih dari segala dosa”. HR Muslim.

Waktu yang Dianjurkan untuk Melakukan Wudhu

Sebagaimana sudah ditetapkan dalam wahyu-Nya, wudhu ini menjadi salah satu syarat sah shalat agar diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa ibadah yang sangat dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu agar bersih dari hadas kecil.

  1. Mengulangi Wudhu Sebelum Sholat

Para ulama sepakat bahwa bagi orang yang mendirikan sholat dalam kondisi suci, ketika hendak sholat lagi di waktu yang lain, maka diusahakan untuk berwudhu kembali.

  1. Akan Membaca Al- Qur’an

Hukum berwudhu dalam kondisi suci ketika akan membaca Al- Qur’an adalah sunah. Hal ini tentu akan berbeda dengan ketika Anda menyentuh mushaf Al- Qur’an, dimana seorang muslim harus dalam keadaan yang suci dari hadas besar maupun kecil.

  1. Akan Belajar

Seorang muslim yang akan belajar ilmu agama disunnahkan dalam kondisi berwudhu

  1. Ketika Akan Tidur

Aktivitas lain yang disarankan untuk berwudhu adalah ketika akan tidur. Dengan begitu, maka Anda akan selalu mendapatkan naungan dari Allah SWT sekalipun dalam kondisi tidur.

  1. Sebelum Mandi Besar

Sebelum Anda melakukan mandi janabah, maka seorang muslim disunnahkan untuk berwudhu terlebih dahulu.

  1. Ketika Akan Adzan dan Iqamah

Bagi orang yanng akan melakukan adzan dan iqamah sangat disunnahkan untuk berwudhu terlebih dahulu.

  1. Ketika Berzikir

Agar doa yang dipanjatkan segera dikabulkan oleh Allah SWT, maka seorang muslim pun disunnahkan untuk berwudhu terlebih dahulu ketika akan berdzikir.

Dengan mengetahui apa hukum dari membaca bismillah dan doa sebelum dan doa sesudah wudhu, maka Anda akan lebih memahami hukumnya dengan benar. Mengikuti tata cara dan doa berwudhu merupakan salah satu cermin ketaatan seorang muslim dalam mengamalkan ajaran Allah SWT.

Share

Leave a Reply