K-Zone, Lifestyle, Persahabatan, Sahabat Korea, Writing

Sahabat Korea : Apa dan Siapa

Halo-halo!

Setelah sekian lama, akhirnya blog ini hidup kembali dengan tulisannya yang khas. Mohon maaf sempat hiatus karena satu dan lainnya, dan sekarang saya beranikan diri untuk membuat sebuah tulisan tentang #SahabatKorea : Apa dan Siapa.

Mungkin sebagian besar kamu semua belum tahu apa itu Sahabat Korea, jadi kali ini saya akan menjelaskannya secara ringkas hingga diadakannya Peluncuran Program Sahabat Korea. Lanjuuut??Saya inget banget, pertama kali dikasih info tentang Sahabat Korea ini dari teman satu organisasi yang sekarang udah jadi ibuuuu, Ibu Dheaaa. Saat itu hanya tahu bahwa Sahabat Korea, yang selanjutnya saya singkat menjadi SK merupakan program dari Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia yang sedang mencari beberapa orang yang bisa menjadi Social Media Supporters Kedutaan Besar Korea Selatan. Wah Excited banget dong saya, langsung aja daftar by email dengan melampirkan data diri dan akun media sosial yang dimiliki.

Setelah kirim email tersebut, saya juga lupa dengan program ini sampai suatu ketika ada notif following dari seorang yang juga blogger, tapi mutualnya gak ada sama sekali. Nah loh, bingung hamba. Pas di cek, eh di profilnya disebutin #SahabatKorea. Langsung saya inget dan cek ke instagram @koremb.idn ! Wohoooo akun instagram saya terpampang nyata di pemberitahuan 100 orang terpilih itu.

Jujur, pada saat itu, saya bingung ini kegiatan apaan sampai akhirnya saya mendapatkan email yang berisikan Term Of Refference program #SahabatKorea.

Jadi Guys, program ini merupakan gagasan terbaru dari Kedubes Korea Selatan yang dibuat khusus untuk review tentang Korea Selatan yang setiap bulannya ada tema tertentu, mendukung dan mengulas kegiatan yang diselenggarakan oleh Kedubes KorSel maupun instansi resmi pemerintah KorSel lainnya seperti KCC, KTO atau KOCCA.

Tibalah pada hari peluncuran resmi program ini di daerah Gatot Subroto Jakarta, tepatnya Kedutaan Besar Korea Selatan, mengundang 100 orang terpilih untuk datang dan bertatapan langsung dengan bapak Dubes, yaitu Mr. Kim Chang Beom.

Acara dibuka dengan tarian tradisional Korea Selatan dan penampilan Dance Cover “Coming Soon” yang membawakan lagu-lagu EXO. Wah, dance cover ini pecaaah, apalagi di meja saya yang berisikan 9 orang langsung riuh ketika salah satu member menatap langsung ke meja kami, eh nggak deng, menatap mba Putri seorang. HAHAHAHA

Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dubes, yang menyampaikan bahwa program ini merupakan yang terbaru dan pertama kali diadakan lho. Tentunya program ini dimaksudkan untuk memperkuat hubungan Korea Selatan dengan Indonesia, khususnya pada generasi millennials seperti kamu, eh saya juga. Hadir pula Bapak Edi Yusuf, selaku Direktur Asia Timur dan Pasifik, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kenterian Luar Negeri Indonesia yang turut menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai baknya hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan dan banyaknya kerjasama yang dilakukan mulai dari ekonomi kreatif hingga perindustrian.

Tidak hanya itu, ada juga presentasi dari masing-masing perwakilan Korean Culture Center (KCC), Korean Travel Organization (KTO) dan Korea Creative Content Agency (KOCCA) yang memberitahukan kegiatan apa saja yang pernah mereka lakukan dan program kerja apa saja yang sedang berjalan.

Setelah itu ada sesi diskusi yang dilakukan per-meja dengan para mentornya mengenai sebuah tema, saat itu meja kami bersembilan mendapatkan tema tentang K-Pop! Yassss, Super Junior, haha. Dari diskusi tersebut, kami semua dapat insight bahwa, industri kreatif di Korea Selatan bisa meledak hingga keluar negeri karena adanya dukungan besar dari pemerintahannya lho.

SahabatKorea1

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama dengan tamu undangan, kita pakai baju SK lhooo wohoooo, hebooohhh. Oh ya, guys, ternyata kegiatan peluncuran program Sahabat Korea ini, kita diliput sama salah satu media online Korea, yaitu Yonhap News! Kalau kamu paham bahasa Korea, silakan buka di link berikut ini.  Mohon maaf nih, di fotonya Yonhap News, muka awak tak ada, kena crop gaes wkwkwkw

Jangan lupa follow instagram, twitter dan facebook saya untuk update terbaru tentang SK ya, atau cari aja langsung tagar #SahabatKorea !

Hmm, jadi, siapa idola dari Korea Selatan yang saat ini kamu sukai, Guys?

 

Bonus foto buat kamu!

SahabatKorea2

With Love,

MF

Share

Leave a Reply