K-Drama, K-Zone, Lifestyle, Sahabat Korea, Waktu

Korea Selatan Bukan Sekedar Musik

Korea Selatan, negara dengan sejuta variasi program acara hiburannya, budaya yang unik serta brand kosmetik yang merajalela hingga manca negara. Indonesia, negara yang berada di garis khatulistiwa dengan penduduk berjuta-juta dan budaya yang beraneka ragam, bhineka tunggal ika!

Nah, saya mau tanya nih, apa sih yang ada dibenak kalian ketika mendengar nama negara Korea Selatan dan Indonesia disebut?

#Kpop, #SMEntertainment, Rossa, Innissfree, Fashion, Jinja Pedasnya, Nature Republic, trus apalagi?
Kalau pengetahuan kamu sekedar itu saja, ini saatnya kamu ketahui lebih banyak lagi tentang kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan!

Yes, kerjasama Korea Selatan dengan Indonesia semakin lama semakin meningkat dan sama-sama menguntungkan kedua negara apalagi masyarakatnya. Tidak hanya pada bidang musik, fashion, kosmetik dan makanan, tapi Indonesia dan KorSel juga bekerjasama pada bidang pendidikan.
Misalnya pada tahun 2014 yang lalu, kampus saya sempat bekerjasama dalam kegiatan volunteer mahasiswa dari Cheonbuk University. Kegiatan volunteer ini dikemas dengan memasukkan beberapa kegiatan dan kreatifitas dalam kegiatan belajar mengajar, seperti keterampilan bela diri taekwondo, seni, komputer hingga bahasa. Kamu bisa baca rangkaian kegiatan dan ceritanya disini guys.

Nah, pada bulan Maret 2019, pihak Presiden KOICA kepanjangan dari Korea International Cooperation Agency, Kim Mi Kyung, telah bertemu perwakilan Indonesia, bapak Jusuf Kalla yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden, dalam agenda kerjasama pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas SDM Indonesia.

Dikutip dari medcomdotid, “Bapak JK mengatakan bahwa Pemerintah Korea Selatan saat ini memang ingin terus mengembangkan investasi di Tanah Air. Mereka juga ingin menyerap banyak tenaga kerja dari Indonesia. Karena itu, pelatihan dan pendidikan dibutukan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.”

Dengan meningkatnya mutu dan kualitas SDM Indonesia, dipercaya bahwa kesempatan mendapatkan pekerjaan baik didalam maupun diluar negeri khususnya korea lebih besar sesuai dengan standar perusahaan masing-masing pada bidang usahanya.

Nggak hanya itu lho gaes, kerjasama Korea Selatan dan Indonesia juga telah didiskusikan oleh Menteri Luar Negeri Korea Selatan Mrs. Kang Kyung Hwa dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Ibu Retno pada awal tahun ini mengenai kerjasama bilateral dua negara. Pada diskusi ini, seperti yang dikutip dari laman VOAIndonesia, Indonesia dan Korea Selatan sepakat untuk memulai perundingan mengenai rencana
rancangan nota kesepahaman mengenai sistem izin kerja.

Seperti yang kita ketahui, banyak pekerja migran Indonesia dibeberapa perusahaan di Korea Selatan, seperti teman-teman WNI yang saya temui saat melakukan PEMILU di Kedubes Seoul.

Dalam kerjasama ini, Ibu Retno berharap adanya perlindungan maksimal perihal tenaga kerja migran Indonesia di Korea Selatan. Dengan banyaknya jenis kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan, niscaya dapat membawa perubahan besar pada sisi ekonomi hingga SDM yang profesional dan cekatan dalam mengahadapi pasar bebas APEC 2020 bagi kedua belah pihak.

Kalau kamu tertarik dan penasaran tentang pendidikan di Korea Selatan, sekarang sudah banyak lho pameran pendidikan serta beasiswa belajar dari tingkat S1 hingga program doktoral. Dan jika kamu penasaran dengan kosmetiknya, sekarang sudah banyak nih brand kosmetik yang membuka cabang di beberapa kota besar di Indonesia, dan official store di e-commerce Indonesia. Semakin mudah menjangkau Korea Selatan melalui kerjasama, bukan?

Dream, Pray, and Action! Semoga segala harapan antara kedua belah pihak negara dapat terwujud ya guys. Dan semoga aja bisa bebas visa Korea Selatan selamanyaaaa haha

 

with love,

MF

Share

Leave a Reply