5 Fitur Menarik yang ada di Microsoft Word

Kamu pengguna Microsoft Word? Jika iya pastinya kamu ini sering menggunakan berbagai fitur yang ada didalamnya secara berulang. Dengan menggunakan Microsoft Word kamu ini bisa membuat tabel, memasukan gambar, dan beberapa hal lainnya. Di dalam Microsoft Word mungkin saja ada beberapa fitur yang belum kamu tahu, penasaran apa saja?

Yuk langsung kita lihat beberapa fitur yang ada di dalam Microsoft Word.

Fitur-fitur di Microsoft Word yang berguna untuk kamu

  • Researcher

Bagi kamu yang sering menggunakan Microsoft Word untuk mengerjakan tugas kuliah, biasanya kamu ini akan mencari data yang kamu butuhkan dengan menggunakan Google. Tapi apakah kamu tahu jika Microsoft Word sendiri memiliki sebuah mesin pencarian yang namanya “Research”.

  •  Memasukkan video online

Bagi kamu yang sedang membuat dokumen untuk berbagai kegiatan atau sedang membuat sebuah tutorial kamu ini bisa loh memasukan video dari Youtube pada dokumen yang sedang kamu kerjakan. Cara untuk menggunakan fitur yang satu ini sangatlah mudah cukup klik “Insert”, cari tab “Media”, kemudian pilihlah “Online Video”.

Terdapat 3 buah pilihan jika kamu ingin menggunakan fitur yang satu ini, kamu bisa mencari video langsung dari youtube, bing atau memasukan kode embed video pada bagian yang kamu inginkan. kamu juga bisa memanfaatkan fitur search untuk mencari video yang kamu inginkan. Jika kamu sudah mendapatkan video yang kamu inginkan kamu ini tinggal klik “insert” sebelum di masukan kedalam dokumen juga kamu bisa mengedit videonya.

Close-up of woman using a laptop Free Photo
Freepik
  • Read Aloud

Bagi kamu yang sedang mencari sebuah inspirasi untuk dokumen yang sedang kamu ketik mungkin ide akan muncul jika ada orang yang membaca dokumennya dengan keras. Tapi kecanggihan teknologi membuat Microsoft Word bisa membuatkannya untuk kamu, nama fitur ini adalah “Read Aloud”. Cara menggunakannya cukup mudah kamu ini hanya perlu memindahkan kursor ke awal dokumen lalu klik tab “Review”, dan carilah “Read Aloud”. Jika sudah maka kamu akan langsung mendengarkan Microsoft Word membaca dokumen yang kamu pilih. Tapi Microsoft Word ini belum mengenali bahasa indonesia, jadi fitur yang satu ini akan lebih efektif untuk dokumen dalam bahasa inggris. Tapi jika penasaran kamu bisa mencobanya dengan dokumen yang memakai bahasa indonesia.

  • Membuat chart 

Bagi kamu yang ingin membuat chart kamu ini bisa juga membuatnya dengan bantuan dari Microsoft Word. Caranya ini sangat mudah kamu hanya perlu klik tab “Insert”, lalu cari “Illustrations”, terakhir klik “Smart Art”. Jika sudah nanti akan muncul popup window yang isinya pilihan dari design chart yang bisa kamu pilih.

  • Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word

Fitur yang terakhir adalah membuat tanda tangan dengan menggunakan Microsoft Word, fitur yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang butuh menandatangani dokumen dengan cepat namun lokasinya jauh. Fitur ini juga sangat mudah untuk digunakan, ini dia cara membuat tanda tangan di Word:

  1. Siapkan file dari tanda tangan kamu
  2. Pindahkan file dalam bentuk fotonya ke laptop
  3. Jika sudah bukalah document yang ingin kamu beri tanda tangan
  4. Kemudian pilih insert dan pictures
  5. Pilihlah file tanda tangan yang akan kamu masukan
  6. Klik tanda tangannya kemudian  pilihlah formatnya
  7. Kemudian pilih Color
  8. Aturlah tanda tangan dengan menggunakan set transparent color
  9. Tentukan juga tata letak atau posisi dari tanda tangan

Nah itu dia beberapa fitur yang bisa kamu gunakan dengan bantuan Microsoft Word, semoga informasinya bisa bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*