Cerita Kita, CP, Kehidupan, Kesehatan, Lifestyle, Pilihan, Writing

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Doa Buka Puasa Dan Keutamaannya

Guys, pernah nggak sih kepikiran kok apa yang kita minta tapi nggak pernah dikabulin sama Tuhan tuh apa alasannya sih? Setiap manusia pastinya akan selalu bertanya-tanya mengapa dan kenapa, alias overthinking, tapiiii overthinking untuk suatu perbaikan diri. Nah, ada satu waktu ketika saya tuh udah nggak tau kenapa dan mengapa itu permintaan saya nggak pernah terwujud, padahal sudah berusaha semampunya, ketemu deh sama satu cuitan kalau disuruh untuk puasa senin kamis. Yup, salah satu cara agar Allah bisa memberikan kemudahan untuk kita, agar kita tidak jumawa, dan sebagainya. Tapi, tau nggak sih apa aja skeutamaan dan bagaimana bacaan niatnya?

Puasa Senin Kamis adalah amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal itu tercantum juga dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad.

Dari Aisyah RA, ia berkata bahwa : “Rasulullah SAW sangat antusias dan bersungguh – sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.”

Selain pada bulan Syawal, puasa Senin Kamis juga bisa dilakukan pada bulan – bulan lainnya. Puasa Senin Kamis pun biasa dilakukan untuk membayar hutang puasa bulan Ramadhan. Bagi Anda yang akan menjalankan puasa sunnah Senin Kamis, berikut dibawah ini bacaan niat puasa Senin Kamis :

  • Niat Puasa Senin

Bacaan Latin :

“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya :

“Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala.”

  • Niat Puasa Kamis

Bacaan Latin :

“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya :

“Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala.”

Setelah itu ada doa berbuka puasa yang diriwayatkan oleh Abu Daud. Adapun bacaan doa buka puasa adalah sebagai berikut :

  • Doa Buka Puasa Kesatu

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru, Insya Allah.”

Artinya :

“Rasa haus telah hilang dan urat – urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan Insya Allah.”

  • Doa Buka Puasa Kedua

Selain doa diatas, ada juga doa berbuka puasa lainnya yang bisa diamalkannya. Bunyinya adalah :

“Allahumma laka sumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.”

Artinya :

“Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Perlu diketahui bahwa dalam berpuasa membaca niat adalah salah satu syarat wajib berpuasa. Karena itu, jika akan berpuasa, pastikan Anda membaca niatnya terlebih dahulu. Membaca niat puasa Senin Kamis ini dianjurkan dilakukan pada malam hari atau sebelum terbit fajar. Tapi karena puasa Senin Kamis ini termasuk puasa sunah, maka jika Anda tidak sempat membaca niatnya dimalam hari, maka boleh membacanya saat pagi hari. Tapi yang harus diingat adalah niat puasa Senin Kamis ini boleh dilakukan dipagi hari asalkan Anda belum mengonsumsi makanan apa – apa dan tidak melakukan apapun yang bisa membatalkan puasa.

Bagi para umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah dengan mengerjakan puasa Senin Kamis. Sebab terdapat beberapa keutamaan dari mengerjakan puasa Senin Kamis, diantaranya yaitu :

  1. Hari Diangkatnya Amal

Senin dan Kamis adalah hari dimana akan dilaporkannya amalanan manusia kepada Allah SWT. Karena itu, pada dua hari tersebut dianjurkan untuk mengerjakan puasa sunah.

Imam Tirmidzi meriwayatkan hadits bersumber dari Abi Hurairah, yang berbunyi :

“Berbagai amalan dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin Kamis, maka aku suka apabila amalanku dilaporkan kala aku sedang menjalankan ibadah puasa.”

  1. Hari Kelahiran Rasulullah SAW

Hari Senin adalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Karena itu, disunahkan bagi seluruh umat muslim mengerjakan ibadah pada hari tersebut, diikuti dengan amalan – amalan baik lainnya seperti bershalawat, berdzikir, dan membaca Al-Quran.

  1. Dibukakan Pintu Surga

Keutamaan puasa Senin Kamis selanjutnya dan yang paling dahsyat adalah pada dua hari tersebut akan dibukanya pintu surga.

  1. Melatih Kesabaran

Dengan mengerjakan puasa Senin Kamis juga Anda akan dilatih untuk bersabar dan mengendalikan hawa nafsu. Selain itu, puasa sunah ini juga dapat meningkatkan kemauan dalam mengerjakan amalan – amalan baik lainnya kepada Allah SWT.

Selain memperkaya ibadah, puasa senin kamis jadi salah satu cara untuk mengirit makan lho hahah, ya artinya membantu kita menahan nafsu berlebih atas sesuatu yang dilihat tapi dompet tak mampu. Yuk, puasa senin kamis.

Share

Leave a Reply