Badminton Olahraga Favorit Kita Semua

Pandemi COVID-19 menjadi salah satu kondisi di mana setiap masyarakat diseluruh dunia harus menjaga kesehatan tubuhnya dan mencegah penyebaran virus yang lebih luas. Salah satu cara menjaga kesehatannya itu adalah dengan berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Pastinya selama masa pandemi COVID-19, banyak banget para dokter, ahli hingga sanak famili yang menganjurkan bahkan mengingatkan kita untuk berolahraga, ya kan? Pilihan olahraganya banyak banget lho, ada Senam, Lari hingga Badminton yang jadi favorit semua orang.

Berolahraga itu pada dasarnya gampang dan bisa dilakukan di mana saja, kayak kamu bisa mendapatkan banyak tutorial di Youtube dengan mengaksesnya menggunakan jaringan internet cepat dari IndiHome, Internetnya Indonesia yang super cepat dan jaringan tersebar luas. Selain tutorial, menonton beberapa pertandingan atau turnamen olahraga juga sekarang hanya terbatas menonton secara virtual tanpa bisa datang ke hall maupun stadion olahraga.

Manfaat Olahraga yang Dapat Kamu Nikmati

Menjaga kesehatan tubuh untuk mencegah tertular dari virus COVID-19 memang harus dibentuk dari sistem imun tubuh kita yang kuat, tapi ada beberapa faktor yang dapat membuatnya kuat, salah satunya dengan berolahraga. Yuk, ketahui apa saja manfaat yang dapat kamu rasakan dari olahraga.

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan ukuran dan massa otot
  • Menambah kapasitas paru-paru
  • Menjaga kadar gula dalam darah dan tekanan darah
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Nah, kalau di atas ini kan manfaat olahraga secara umum untuk bisa menjaga tubuh sehat dan terproteksi dari virus, sekarang kita bahas yuk manfaat olahraga badminton untuk tubuh.

Meningkatkan kebugaran

Olahraga bulutangkis tidak hanya berpusat pada satu bagian tubuh, tapi seluruh tubuh ikut berpartisipasi dan bergerak seperti lengan, kaki hingga pinggang. Makanya, dengan bermain bulutangkis, bikin cepat membakar kalori dan mengurangi berat badan.

Meningkatkan refleks, kecepatan, produktivitas, dan kecerdasan

Sama hal-nya seperti anggota tubuh yang turut berpartisipasi, badminton juga mengasah tingkat koordinasi antara kecepatan, refleks dan pikiran. Nggak mungkin dong kalau main badminton tapi pikiran kita lagi melayang ke oppa-oppa boyband favorit? Bisa-bisa diomelin pelatih, dan kamu akan kalah.

Meningkatkan metabolisme

Sering kan ngeliat pemain badminton tuh menyeka keringatnya dengan tangan? Nah, karena semua tubuh bergerak, keringat lebih banyak keluar dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Eits, nggak hanya itu, berkeringat juga bisa mengeluarkan berbagai racun dari dalam tubuh.

Perlu diingat yah, karena sekarang lagi pandemi, semua aktivitas terbatas, jangan lakukan olahraga badminton di tempat keramaian, kamu harus mematuhi protokol kesehatan ya. Bisa tuh olahraganya di depan rumah, tapi jangan di jalan raya yah, atau kalau bisa sih kamu menyewa satu hall badminton hehe.

source : pinterest

Badminton Olahraga Favorit

Orang Indonesia banyak banget yang suka sama olahraga Badminton atau Bulutangkis ini, contohnya saat perhelatan akbar kompetisi HSBC BWF World Tour 2020 yang ditayangkan UseeTV IndiHome, banyak masyarakat yang melakukan nobar, dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, atau sekedar menghentikan aktivitas rutinnya demi menonton penampilan ciamik dari perwakilan Indonesia di final ganda putra, Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan.

Kenapa sih orang-orang sebegitu antusiasnya sama olahraga yang satu ini? Ada beberapa hal yang bikin badminton jadi olahraga favorit dan bahkan dicintai oleh semua masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia.

  • Mengorbitkan atlet Indonesia berkelas dunia.

Yup, olahraga satu ini sudah populer sejak zaman Susi Susanti, Liem Swie King, hingga Christian Hadinata yang menjadi pemain top dunia pada era tahun 80n. Kejayaan atlet badminton Indonesia di kancah Internasional terus bertambah, mulai dari pemain tunggal putra Taufik Hidayat, hingga ganda pria nomor 1 dunia yang mendapat julukan the Minions, yaitu Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya.

  • Pertandingan olahraga yang sangat seru

Siapa sih yang nggak merasa seru pas nonton pertandingan The Minions dan pemain badminton lainnya pada salah satu ajang kompetisi? Seru abiesss, bisa tertawa, terkesima, kesal bahkan menangis pada setiap pertandingannya. Pasti diantara kalian buanyak yang emosinya dibikin naik-turun sama olahraga yang satu ini, kan? Nah, saya juga haha. Malah kadang kalau udah ketinggalan poin jauh, saya langsung ganti channel dan beralih ke nonton highlight-nya aja nanti di youtube.

  • Musuh di lapangan, teman baik di belakang

Kalau kamu lihat banyak pertandingan yang disebut sebagai “musuh bebuyutan” antar satu regu, itu semua hanya terlihat di lapangan, mereka sangat sengit memperebutkan tiap poinnya demi menjadi pemenang. Selepas dari pertandingan? Ya mereka berteman dan sangat support satu sama lain.

Kompetisi Badminton

Menjadi pemenang atau menyandang titel juara dunia badminton, ada beberapa step by step yang harus dilakukan lho. Contohnya mengikuti audisi perkumpulan bulutangkis per wilayah, lalu mengikuti berbagai kompetisi lokal maupun nasional seperti salah satu kompetisi yang bakal diadakan beberapa hari lagi nih, yaitu IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA).

IndiHome sebagai Internetnya Indonesia bekerjasama dengan Gideon mengadakan kompetisi ini demi terwujudnya regenerasi atlet badminton Indonesia serta menyalurkan dan mewujudkan mimpi anak-anak menjadi atlet yang akan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

IGBA merupakan sebuah kompetisi tingkat nasional yang harapannya dapat membantu anak-anak untuk menggapai mimpi dan cita-cita sebagai atlet bulutangkis agar kelak dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah nasional maupun internasional. 

Kompetisi ini punya beberapa syarat dan ketentuan, seperti memahami teknik dasar badminton, maksimal berusia 16 tahun yang terbuka untuk laki-laki maupun perempuan lalu membuat video berdurasi 5 menit di Youtube dengan menjelaskan motivasi mengikuti IGBA selama 2 menit dan sisanya memperlihatkan kemampuan calon peserta seperti gerakan servis, smash, backhand hingga forehand. Kamu bisa lho mendaftarkan adik, sepupu, keponakan atau merekomendasikan kompetisi ini kepada tetangga kamu di sini.

Hadiahnya nggak tanggung-tanggung, bakal ada 12 pemenang yang berhak mendapatkan beasiswa selama 1 tahun di IndiHome Gideon Badminton Academy! Kompetisi bergengsi ini bakal menghadirkan juri-juri yang expert dalam bidangnya, mulai dari pelatih, atlet, hingga Marcus Gideon juga bakal jadi juri. Manteb kannnn.

Olahraga bisa bikin kamu sehat, bisa juga bikin kamu jadi atlet yang mengharumkan nama Indonesia di perhelatan kompetisi dunia. Yuk, rutin olahraga mulai sekarang dan jadilah pribadi yang lebih sehat.

Much Love,

MF

14 Replies to “Badminton Olahraga Favorit Kita Semua”

  1. Badminton memang merupakan salah satu olahraga yang melambungkan Indonesia ke mata dunia, berbagai beasiswa dan event masih semerbak untuk support anak muda menajdi atlet handal Indonesia. Semoga IGBA berjlan lancar dan sukses ya kak.

  2. wah aku juga paling suka olahraga badminton sih. walaupun nggak jago banget tapi mending lah dari pada olahraga yang lain. kompetisi IGBA juri nya pemain badminton nomor satu dunia langsung loh. wajib nonton nih

  3. Olahraga yang menyenangkan!
    Badminton masa kini sungguh berbeda dengan zaman dulu yaa.. Tapi optimis bahwa semakin banyak bibit-bibit unggul atlet Badminton Indonesia. Bahwa dengan berolahraga, bagus untuk ke stamina dan kesehatan.
    Dengan menonton di UseeTV IndiHome, maka banyak melihat teknik Badminton dan tidak ketinggalan dengan berita mengenai dunia olahraga.

  4. Kalau udah pertandingan minions tuh, rassanya campur aduk, kadang suka kecewa kalau gak dapet poin, tapi ya namanya juga permainan, mau bilang apa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*