Kehidupan, Lifestyle, Techno

Cloud, Mengembangkan Bisnis Tanpa Batas

Guys, pada era digital, memiliki website bisa dikatakan sebagai keharusan dari sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa maupun barang karena dapat membangun image dan branding, menaikkan awareness, one stop information untuk calon pembeli, memperluas jangkauan target audiens, serta dapat menghasilkan pundi-pundi uang selain via offline.

Membangun sebuah website tentunya tidak mudah, tapi juga tidak sulit, cukup percayakan pembuatannya pada tim IT yang telah ditunjuk dan pastikan konsep yang diinginkan sejalan dengan output yang diharapkan. Pembuatan website untuk bisnis bisa dikategorikan menjadi dua berdasarkan fungsi, yaitu website perusahaan atau toko daring. Perbedaan keduanya memang sangat signifikan, tapi coba kulik lagi yokkk.

Website Perusahaan

Sebuah bisnis baiknya memang memiliki website yang menyajikan berbagai macam informasi terkait produk yang dijual, baik dari segi dimensi, spesifikasi hingga besaran cost yang akan dikeluarkan oleh customer

Nama domain yang digunakan tentunya harus mudah diingat dan menggunakan ekstensi domain yang jelas, seperti .co.id atau .com

Pembuatan website jenis ini tergolong lebih mudah dan tidak memakan cost yang banyak, namun pastinya tim IT lebih paham harus menggunakan on site hosting atau cloud demi kelancaran akses data.

Toko Daring

Jika penjualan dilakukan secara daring, perusahaan kamu dapat membangun website yang digunakan sebagai tempat belanja atau biasa disebut dengan e-commerce. Website ini pastinya harus memiliki berbagai fitur penting seperti login, spesifikasi produk, add to cart, hingga checkout pesanan.

Memiliki website perusahaan maupun e-commerce atau toko daring harus menggunakan space penyimpanan database yang aman, dan bisa diakses kapan saja serta dimana saja tanpa timbulnya crash saat proses pembayaran yang dapat berdampak buruk pada image perusahaan kamu.

Layanan penyimpanan database terbagi menjadi dua pilihan, yaitu On-site Hosting dan Cloud.

On Site Hosting

On-site hosting merupakan sebuah server yang dibangun sendiri oleh perusahaan sesuai dengan keinginan, budget dan kriteria keamanan yang diinginkan. Biasanya OSH lebih banyak memakan biaya dalam hal pengadaan software maupun hardware, serta harus merekrut SDM yang siap mengatasi masalah teknis sesegera mungkin. Jika website dengan OSH mengalami error, maka audiens tidak akan bisa mengaksesnya hingga tim teknisi bisa melakukan pembetulan.

Cloud

Bagi beberapa bisnis yang dimulai dari bawah, penggunaan layanan penyimpanan lebih baik diserahkan kepada penyedia layanan Cloud, untuk mempermudah maintenance tanpa perlu pusing ketika mengatasi masalah seperti server mati, bandwidth habis atau website yang tidak bisa diakses.

Cloud merupakan sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya mengolah dan menyimpan data melalui jaringan internet yang terhubung pada server. 

Sebelum kamu memilih Cloud sebagai layanan penyimpanan, ketahui lebih dahulu apa saja manfaatnya disini:

  • Efisiensi

Layanan Cloud menyediakan perangkat, server dan tim teknisi dalam satu paket untuk memangkas biaya perusahaan dalam membangun server sendiri serta penyediaan tim ahli. 

  • Efektifitas

Pada biaya yang dibayarkan, sudah termasuk biaya maintenance teknis semacam bugs, atau laman yang tidak bisa diakses akan segera ditangani oleh tim terkait.,.

  • Keamanan.

Penyedia Cloud semakin hari semakin meningkatkan keamanan data para pengguna jasanya agar timbul kenyamanan, kepercayaan dan rasa aman.

  • Konektivitas

Cloud memiliki server yang tidak terbatas, jadi apabila server 1 mati, maka ada alternatif server lainnya yang dapat digunakan. Tidak hanya itu, kecepatan mengakses pastinya lebih bagus karena didukung oleh infrastruktur dan SDM yang kompeten dibidangnya. 

Memilih penyedia jasa Cloud harus yang memiliki kredibilitas tinggi agar kerahasiaan database perusahaan atau pelanggan tidak mudah diretas atau diakses pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, untuk membangun website perusahaan yang servisnya tidak terbatas, lebih baik pakai Cloud untuk meminimalisir server eror guys. Kalau untuk blog pribadi kamu, hosting biasa masih cucok laaa, harganya juga bersahabat karena penggunaanya juga untuk skala kecil yakan.

 

Much Love,

MF

 

Share

Leave a Reply