Abstrak, K-Zone, Pilihan, Waktu

KPOP di lingkup Indonesia bagian kecil nya saja

Kpop di pangsa Indonesia akhir tahun 2014 dan awal 2015 ini mengalami penurunan antusiasme masyarakat.
Eitss, bukan berarti Kpop menurun drastis kepopuleran nya di Indonesia lho yaa. Hanya saja baru-baru ini terlihat dan sangat menonjol bahwa antusiasme masyarakat kurang membara, agak berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya.

Misalnya saja Konser atau Fanmeeting artis idola Kpop yang penjualan tiket nya tidak cepat habis terjual.

Screenshot_2015-02-26-11-25-32[1]
Park Hyo Shin – Encore Concert Happy Together

Padahal pada kisaran tahun 2012-2014 awal, penjualan tiket dapat dengan mudah ludes terjual. Namun akhir-akhir ini hal tersebut jarang terjadi. Banyak promotor atau sponsor yang menawarkan tiket konser atau fanmeet di akun media sosial mereka yang pada nyatanya belum habis terjual. Padahal mereka telah membuka sistem pre-order, yang biasanya menawarkan hal-hal eksklusif yang tidak didapatkan ketika pembelian secara umum dibuka. Tapi tetap saja hal itu tidak terlalu berpengaruh besar pada penjualan tiket.

Hal ini sangat berbeda ketika Super Show 4 (Konser tunggal milik Super Junior) diadakan di Indonesia, tiket yang dibuka saat preorder langsung habis terjual dalam hitungan menit atau jam.

Tapiii jangan salah paham kalau kpop di Indonesia sedang mengalami penurunan antusiasme. Contohnya saja nih, penjualan 7 JIB MAMACITA milik BoyBand Super Junior, Indonesia masuk dalam 10 besar negara yang paling banyak membeli album studio tersebut.

Pada salah satu FanPage milik Super Junior, mereka melakukan pre-order untuk 7 JIB, dan jumlah yang memesan kurang lebih 1100 nomor pemesanan! Yang mana tiap nomor pemesanan tidak semua nya membeli hanya satu keping album, namun bahkan ada yang memesan hingga 10 keping! FANTASTIC!

K-Pop still exists, right?

wpid-img_20140925_064943.jpg
Super Junior 7JIB

Bahkan ke-eksis-an Kpop di Indonesia bukan hanya melalui pembelian album studio maupun mini album, tapi juga ada beberapa barang-barang yang bertema-kan sang artis pujaan, contohnya Offical Merchandise, Dokumentasi konser, Photobook, bahkan replika pakaian yang digunakan sang artis.

Mengenai alasan penurunan penjualan tiket fanmeet ataupun konser di Indonesia, saat ini saya belum mengetahui pasti mengapa seperti itu. Karena masih dalam penelitian lapangan saya, so, nantikan update terbaru di blog ini ya..

안녕 !!!! ^^

Share

Leave a Reply