Cerita Kita, K-Zone, Kehidupan, Review, Waktu, Writing

(REVIEW) Korean Mini Fair 2015

Hai hai, datang lagi dengan sejuta cerita tentang K-Pop. Hihi

Udah pada tau kan kalau di UI itu ada Jurusan Sastra Korea? Nah acara Korean Mini Fair ini diadakan oleh mahasiswa sastra Korea FIB UI guys. Apa sih Korean Mini Fair? (Selanjutnya di singkat dengan KMF ya)

KMF ini merupakan Pre Event dari Korean Culture Day (KCD) yang diselenggarakan FIB UI Sastra Korea. Nah KCD ini acara tahunan loh, dan KMF ini sebagai penarik minat kepada para korban Korean Fever untuk gabung ke acara utama nya. Acara nya apa aja sih di KMF? Keseruan apa aja sih yang tercipta? Okay, I’ll tell you guys.kkkkk

IMG_20150215_105034

Jadi, acara KMF ini dimulai dari jam Sembilan pagi sampai jam  empat sore waktu Indonesia bagian barat. Eh tapiii gue telat, dateng jam 9.44 WIB !wkwk gue malu, tapi ya gue tetep excited sm KMF yang ini. Kenapa gue excited bgt? Karena main programme dr KMF ini merupakan Talkshow tentang “ Pengaruh Pasar Bebas ASEAN Terhadap Dinding Kebudayaan Nasional Indonesia” . you know lah ya, kita, sebagai Warga Negara Indonesia pasti akan menghadapi MEA. Apalagi dengan arus globalisasi yang ada, tentu saja budaya kita bisa saja terancam punah.

Namun, kata narasumber, dinding kebudayaan kita memang sudah ‘runtuh’, tak ada lagi pemisah antar kebudayaan, contohnya Orang Korea yang bisa menampilkan tari tradisional Indonesia, maupun sebaliknya. (bener juga sih)

Apalagi kan MEA itu melibatkan warga negara nya, yang mana, akan banyak warga asing yang akan bekerja di Indonesia maupun negara lain di ASEAN. Persaingan semakin ketat bukan? Nah gue, mempersiapkan diri gue buat menghadapi persaingan itu dengan cara mempelajari bahasa asing sebanyak mungkin. Bahasa membuka jalan kita guys. Selama hampir 8th di dunia K-Pop, gue memperdalam bahasa inggris gue, alhasil, gue dapet temen orang Cina, Filipin, Korea(tentu saja), Jepang,dsb. Bahasa persatu bangsa menurut gue kita bisa komunikasi, tukar informasi maupun diskusi dan belajar tentang kebudayaan mereka *eh kok jadi ngomongin bahasa*

Inti dari main acara KMF ini ya talkshow itu, dan di akhir segmen talkshow, gue ambil kutipan nya yang begini ‘ Potential benefits are not entitlement’ * arti dan makna coba cari sendiri ah* -biar samasama bisa bahasa inggris- wkwkwkwk

Yuk kita mundur ke acara pembukaan nya, acara dibuka secara formal terlebih dahulu, sambutan dari berbagai pihak kampus. Nah setelah itu masuk deh MC acara nya, saying nya gue ga foto mereka berdua, *maaf ya* mc nya terdiri dari satu orang cewek dan satu orang cowok *namja=cowok, yeoja=cewek*.

Setelah itu masuk deh para penari yang menampilkan tari tradisional Korea ‘ Buchaechum’

20150320_095426

Kalau di Indonesia mungkin semcam tari kipas yang membentuk suatu objek tertentu ya. Setelah pembukaan oleh tari Buchaechum ini, maka dimulai deh acara talkshow nya, setelah itu ishoma *iya ishoma (istirhat makan sholat) soalnya kan hari jumat tuh*

Eh tapiiiiii…sebelum keluar ruangan, mereka ngadain kuis guys, hadiah nya tumbler imut dari Lock&Lock !! wah gue semangat dong sama kuis, secara gue ga menang-menang buat dapetin kaos di official twitter Korean Culture Day , padahal udh spam, udh minta doa haha tetep belum menang. Pertanyaan nya ada dua, yg pertama dr mana asalnya produk itu, dan yang kedua, kapan KCD dilaksanakan. Langsung lah gue angkat tangan untuk pertanyaan kedua, wkwk -lebih beruntung main angkat tangan tercepat daripada ngetwitt banyak-banyakan- Dan dapet lah gue tumbler cantik warna pink guys.

Setelah itu peserta berhamburan keluar ruangan, nah di depan nya ada stand pembelian tiket KCD, ada juga stand foto pake Hanbok, ada juga stand dari Lock&Lock. Yang menarik adalah…. Mereka menawarkan tumbler gratis. Syaratnya kita foto trus mention di twitter. Yg bikin menggiurkan nya sih tumbler ini samaan kayak Lee Jung Suk
Keluar dari gedung udah ada bazaar yang menjual stand makanan dan stuff ala-ala Korea
*Kalau ke acara berbau Korea gini harus bawa uang banyak guys. Haha* .

Acara selanjutnya dimulai jam satu siang, langsung deh mc muncul diatas panggung, dan menjelaskan bahwa akan ada duet maut Korea-Indonesia beuh haha

20150320_130746

Dan ternyata itu dosen mereka, satu nya asli Korea, dan satunya asli Indonesia, nyanyiin OST nya The Heir ‘ Love is’

Dan dugundugundugun… acara selanjutnya adalah karaoke antar himpunan mahasiswa di FIB UI. Kyaaakyaaa, refreshing ini pasti. Dan bener….ada satu mahasiswa perwakilan sastra Arab, berjenis kelamin Pria, nyanyiin lagu nya Lee Hi ‘Rose”, awalnya agak pesimis, tapi pas dia nyanyiin bait awal,dan WAW AMAZING GUYS. Seorang cowok nyanyiin lagu k-pop cewek. Dan itu keren. Ngepas semua nya. gue smpe lupa foto saking terbawa asik nya sama lantunan doi. Wkwkw . dan riuh tepuk tangan nya, wiiihhhh menggema.

Sebenernya acara terakhir bukan lomba karaoke ini, tapi ada juga penampilan dari Sekolah Master. Sayangnya, gue ada urusan, dan mesti pulang.

Eh kalian tau gak sih Sekolah Master itu apa? Coba searching di google gih *bahahah* tapi serius, kalian harus searching dan mulai berempati.

Dan ya, gue seneng sih udh ikut acara tahunan dr Sastra Korea FIB UI, dan ini tahun ketiga gue.kkkk

Sukses selalu buat kita ya, dimanapun kalian berada, jurusan apapun yang kalian ambil, yang penting kita siap menghadapi persaingan ketat dunia kerja internasional.

Salam hangat dan syuper dari saya. see you on 18 April 2015 di Korean Culture Day !!!`

20150320_113408

Share

Leave a Reply