Uncategorized

The Spectacular #BritishGP

Sirkuit Silverstone merupakan sirkui yang digunakan pada ajang MotoGP pada seri keduabelas kali ini. Oleh karena itu, hashtag yang digunakan adaah #BritishGP, karena letaknya yang berapa di Inggris. Ini nih gambar sirkuit dan jumlah tikungannya hehe

Setelah balapan apik di Republik Ceko dua minggu yang lalu, dan Cal Crutchlow keluar sebagai pemenang, Rossi merambat naik dari posisi dua belas lalu memanjat hingga posisi dua, dan genangan air yang mulai mengering, cal Cructhlow memang dielu-elukan. Karena, doi adalah pembalap British pertama yang bisa naik podium setelah pendahulunya, yaitu Barry Sheene yang memenangkan GP Swedia pada tahun 1981.  You rock, Cal!

#BritishGP berlangsung pada 4 September 2016, yang jam tayang di Indoensia adalah jam sembilan malam, karena timezone bukan friendzone ya. Jujur, saya lupa menonton babak penyisihan, jadi saya kurang tahu bagaimana performa para pembalap saat itu. tapi menurut sumber berita yang saya baca, Marc Marquez terjatuh dan tidak bisa meraih pole position yah? hmm Kasiaan.

Pada #BritishGP ini, yang merupakan negara asal Cal Crutchlow, doi meraih pole position loh, diikuti oleh Valentino Rossi, dan Maverick Vinales. Pada baris kedua, ada Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Eugene Laverty. Jorge Lorenzo? hmm, dia diposisi kesembilan, guys.

Balapan dimulai dengan cuaca mendung, dan sirkuit agak basah, namun ketika baru satu atau dua menit balapan dimulai, dan para pembalap sedang asik-asiknya mengeluarkan tenaga dan strategi, tiba-tiba ada dua pembalap yang saling bertabrakan, yaitu Pol Espargaro dan Loriz Baz. Gue langsung teriak, AAKKKK. Karena, Espargaro terbanting kejalanan yang mana, dibelakangnya ada pembalap sedang memacu kendaraannya. Untung saja, pembalap dibelakang Espargaro mengambil jalan kesamping untuk menghindari kecelakaan yang hampir sama seperti Simon Celli beberapa waktu silam.

Balapan sempat dihentikan, dan semua pembalap masuk ke pit. Petugas membersihkan serpihan-serpihan motor yang berserakan, dan tim medis mengecek keadaan para pembalap yang saling adu tersebut. Agak deg-degan yah, menunggu informasi dari sirkuit perihal kedua orang ini. Karena memang ini tabrakan yang paling parah dari semua seri di musim 2016 ini. Demi meyakinkan para penonton di sirkuit maupun disemua penjuru dunia, Espargaro ketika mau dimasukkan ke ambulans, sempat melambaikan tangan yang menandakan bahwa “i’m okay, guys”. Jika salah satu pembalap ada yang tidak sadarkan diri, mungkin para komentator tidak berkata bahwa ‘mereka baik-baik saja”

Akhirnya balapan dimulai kembali, tapi hanya berjumlah 19 laps dengan pole position seperti awal. Putaran pertama dilalui dengan mulus, tanpa ada adegan tabrakan, dan tanpa diduga, Maverick Vinales memimpin! Dibelakangnya ada Marc Marquez, Cal Cruthclow, Valentino Rossi, Iannone dan Pedrosa.

Sayangnya, pada putaran ketujuhbelas, Stefan Bradl (ini gimana bacanya ya? Bradel?Bradli?) mengalami kecelakaan, tak lama kemudian Scott Redding memiliki sedikit masalah pada motornya yang tiba-tiba mendadak mati.

Ternyata, kenestapaan Scott Redding tidak hanya sampai disitu, ketika motornya bisa hidup kembali, doi jatuh pada turn 2, dan pada turn 13, doi jatuh lagi. Zuperrrr buat Scott Redding

Persaaingan ketat terjadi antara Marc Marquez, Valentino Rossi dan Cal Cructhlow yang saling merebutkan podium. Lihat saja cuplikan dibawah ini

Tapi, tiba-tiba ada Iannone yang mencoba merebut posisi lima besar. Doi merangkak dengan pasti dari posisi enam menuju posisi keempat pada sisa sembilan putaran lagi. Dalam hati gue bertanya-tanya sambil berandai, apakah mungkin, Iannone yang “Maniac” itu naik podium di Silverstone ini? Jika dia mengulangi kesalahan yang sama, yaitu jatuh, jangan sampai ngajak-ngajak pembalap lain deh. Dan benar sekali. Ketika Iannone berada di posisi kedua pada sisa enam putaran lagi, DIA JATUH, BUNG! Alhamdulillahnya prediksi gue terwujud, kalau dia enggak bakal ngajak-ngajak pembalap lain jatuh.

Mendekati sisa-sisa putaran sebelum akhirnya finish, Marc Marquez dua kali keluar lintasan. Yang pertama, Marquez memaksakan diri untuk menyalip Crutchlow pada tikungan hingga lutut Crutchlow yang hendak turun mengenai winglet milik Marquez, lalu doi keluar lintasan. Dan yang kedua, Marquez lagi-lagi memaksakan diri menyalip Rossi, dan doi keluar lintasan.

Andai saja, usaha Marquez menyalip Crutchlow mengakibatkan doi jatuh , hal ini diperkirakan akan menjadi kasus yang sama seperti tahun lalu, antara Marquez dan Rossi. Ingat, tidak?

Dan, andai saja, usaha Marquez menyalip Rossi mengakibatkan doi jatuh, bakal terjadi perang dunia HAHAHAHA

Akhirnya pembalap yang naik podium pada #BritishGP 2016 adalaaahhh……

  1. Maverick Vinales
  2. Cal Cructhlow
  3. Valentino Rossi

Pertanyaan gue yang paling besar adalah, kemana Lorenzo? Pada beberapa seri doi tidak pernah berada diposisi yang bagus. Dan pada seri kali ini, lagi dan lagi, doi finish hanya pada posisi sepuluh besar. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada balapan di Republik Ceko, Loreenzo mengeluhkan perihal cuaca, doi bilang “saya tidak bisa mengontrol hujan” YAIYALAH. EMANGNYA ELO TUHAN? yaampun capslock, maap. Doi selalu mengeluhkan basah dan hujan. Nmaun, pada #BritishGP kali ini, sirkuit tidak basah dan tidak hujan. Hmm, mas, kamu kemana aja sih? Mungkin beberapa alasan menjadi jawaban dari Lorenzo, macem teknologi, sasis, atau pemilihan ban. Tapi, ya enggak gitu juga. Hih.

Untuk info terbaru perihal Loriz Baz dan Pol Espargaro per lima september dua ribu enam belas, Loriz Baz tidak memiliki cidera serius kecuali doi bilang, kakinya sakit bangeettt, dan Pol Espargaro yang berkata “Gue enggak bisa bohong, seluruh badan gue terasa sakit, dan yang paling sakit itu tulang kering sebelah kanan”. Get well soon, ya Baz and Espargaro. huhu

Sekian ulasan balapan MotoGP seri keduabelas di sirkuit Silverstone, Inggris. Jangan lupa utamakan keselamatan diri dalam berkendara. Safety first, Safety Ride!

Share

Leave a Reply