Toyota dan Kemajuan Bangsa.

Apa sih yang terlintas di fikiran kalian ketika mendengar nama “ Toyota” ?

  • Merek mobil. √
  • Identik dengan Avanza “mobil sejuta umat”. √
  • Warepack para montir, yang berwarna merah dan abu-abu. √
  • Mobil Fortuner. √
  • dan masih banyak lagi…

Tapi, tahukah kamu bahwa pabrik Toyota yang berada di Karawang merupakan pabrik ketiga terbesar di ASIA ?! Pasti banyak yang enggak tahu nih, hehe.

Yuk, dilanjut baca liputan singkat dalam kegiatan Plant Tour ke Toyota Motor Manufactoring Indonesia.

Toyota di Indonesia, diwakili oleh dua anak perusahaan yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM). Sebagai anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation yang berpusat di Jepang, TMMIN berperan sebagai produsen dan pengekspor produk dan suku cadang Toyota, sedangkan TAM berperan sebagai agen pemegang merek, importir dan distributor produk Toyota.

Berkunjung ke Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Plant Tour ini diikuti kurang lebih oleh 20 orang Blogger yang berdomisili di JABODETABEK. Lalu, ditentukan Meeting point-nya  di Head Office TMMIN Sunter. Dalam jadwal yang terlampir, peserta berangkat jam 07.00 WIB menuju Karawang, mengharuskan gue, yang tinggal di Depok, untuk berangkat pagi-pagi buta ditemani sinar rembulan, menggunakan Kereta Commuter Line. *fix ini pengalaman pertama naik kereta pagi-pagi buta.hahaha* Sesampainya di tempat meeting point, akhirnya bisa bertemu dengan mereka hihi ada Kak Dhika dan ka Wulan. hihi

Screenshot_2016-05-31-08-36-33-1

Kegiatan kunjungan ke pabrik Toyota ini di namakan Plant Tour, karena kita berkunjung ke sebuah Plant, dimana terdapat pembuatan dan perakitan mobil Toyota yang penuh dengan aturan ketat. Khusus untuk kegiatan ini, kita cuma berkunjung ke Plant 1 yang memproduksi mobil Toyota Fortuner dan Innova, ya.Screenshot_2016-05-31-08-37-39

Sesampainya di Plant 1 TMMIN Karawang, peserta diarahkan ke sebuah ruang konferensi karena rangkaian kegiatan akan segera dimulai. Pertama-tama acara dibuka dengan sambutan-sambutan dari perwakilan pimpinan TMMIN Plant 1 Karawang. Lalu ada pemutaran video dokumenter tentang TMMIN sekaligus penyampaian Company Profile.

Dalam video tersebut, peserta dapat melihat bagaimana TMMIN mengolah limbah pabrik, proses produksi sebuah mobil dari pemasangan kerangka hingga pengecekkan sebelum diserahkan ke distributor.

Screenshot_2016-05-31-08-37-22-1

Sebelum berkeliling ke dalam pabrik perakitan mobil, para peserta dijelaskan terlebih dahulu aturan-aturan ketika berada di dalam pabrik bagian Assembly yang wajib dipatuhi peserta.

  • Dilarang memasukkan tangan kedalam saku celana. Hal ini guna meminimalisir cidera jika peserta jatuh, lalu dengan sigap menahan dengan tangan.
  • Ketika naik atau turun tangga, harus pegangan dengan tiang penyangga, guna meminimalisir cidera.
  • Jangan mencoba untuk mengajak bicara para pekerja, dikarenakan takut hilang nya konsentrasi karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.
  • Harus mengenakan sepatu dan pakaian tertutup.
  • Wajib tengok kanan kiri ketika menyebrang, ini menjadi budaya yang diterapkan kepada karyawan juga. Hal ini berkaitan dengan banyak-nya kendaraan yang lalu lalang membawa berbagai macam barang, mulai dari pintu mobil, hingga jok mobil.
  • Harus berjalan di garis yang sudah ditentukan.
  • Dilarang mengambil foto sembarangan, dan masih banyak lagi. Hehe

Setelah dijelaskan aturan-aturan ketika memasuki area pabrik, peserta diharuskan menggunakan earphone untuk mendengarkan petunjuk yang diarahkan oleh ketua rombongan.

Sesampainya di dalam pabrik khususnya bagian Assembly, peserta melihat bagaimana proses perakitan mobil mulai dari pemasangan mesin, penyatuan mesin dengan kerangka, pemasangan Bamper depan dan belakang, pengencangan baut, pengecekkan akselerasi kecepatan, pengereman, dan deteksi kebocoran mobil hingga mobil siap dibawa ke distributor.

Plant 1 TMMIN Karawang memproduksi mobil yang akan diekspor keluar negeri sesuai aturan yang berlaku pada masing-masing negara, maka disana peserta bisa lihat mobil Fortuner atau Innova dengan kemudi sebelah kiri. So, secara terang-terangan, Toyota membawa perubahan bagi kemajuan Bangsa Indonesia, yang mana mampu mengekspor mobil buatan dalam negeri.

Selama kegiatan berlangsung, ada juga loh live tweet competition dengan tagar #TMMINPlanTour, dan merchandise menarik bagi pertanyaan terbaik dalam sesi tanya jawab. Peserta sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan, namun sayangnya pertanyaan dibatasi karena waktu yang juga terbatas.

Toyota dan Kemajuan Bangsa bukan hanya sekedar wacana. Selain sebagai produsen dan eksportir mobil, Toyota juga turut mengaharumkan nama bangsa Indonesia dalam kancah World Skill Olympic yang saingan terberatnya adalah India dan Jepang. Tahun lalu, Indonesia memenangkan medali perak dan perunggu dalam ajang ini, loh. Keren kaaan.

Dalam menghadapi persaingan Pasar Bebas ASEAN atau lebih dikenal dengan MEA, Toyota sudah mengatur strateginya, dengan memberikan training kepada karyawan maupun calon karyawan sesuai dengan standar yang digunakan Pemerintah maupun Global. Sehingga karyawan mampu bersaing ketat dengan para pekerja dari negara-negara lain di ASEAN. Cihuuuy!

Fakta Tentang Industri Otomotif

Oh ya, dibawah ini gue akan menjabarkan fakta-fakta yang harus kalian ketahui seputar industri otomotif dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia, ya!

  • 94% mobil yang dijual merupakan buatan Indonesia
  • Tersedianya fasilitas lapangan futsal berstandar Internasional sesuai dengan permintaan karyawan di area TMMIN Karawang.
  • Mobil Toyota Innova dan Fortuner yang dibuat di Plant 1 TMMIN Karawang di ekspor ke 72 negara, dan yang paling banyak adalah Asia Timur. *coba dibuang deh anggapan kalau Indonesia itu importir mobil hihi*
  • 85% komponen pada sebuah mobil adalah buatan Indonesia.
  • Ketika jam istirahat, seluruh lampu didalam pabrik maupun gedung perkantoran dimatikan, guna mengehemat energy.
  • Sebelum proses pengecatan mobil, kerangka mobil harus dicuci. Dan air yang digunakan dalam pencucian tersebut adalah air hujan yang ditampung pada danau buatan dan sudah disuling loh.
  • Setiap mobil yang diproduksi, sudah ketahuan siapa pemiliknya. Jadi, TMMIN tidak memasok kendaraan, tapi dibuat berdasarkan pesanan.
  • Kecepatan produksi adalah per 1,6 menit.
  • Toyota Motor Manufacturing Indonesia menyediakan hari kunjungan, yaitu pada hari Rabu, jika ada rombongan sekolah atau komunitas yang hendak berkunjung.

Seluruh rangkaian kegiatan akhirnya selesai, peserta kembali pulang menuju Meeting Point awal keberangkatan.

Terima kasih, Toyota Indonesia yang telah turut memajukan bangsa Indonesia, juga Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang telah memberikan para Blogger kesempatan berkunjung ke pabrik terbesar ketiga di ASIA.

Screenshot_2016-05-31-08-38-02-1

With love,

Mia Fajarani

59 Replies to “Toyota dan Kemajuan Bangsa.”

    • sampai sekarang kijang masih berjaya kok, buktinya mobil kijang dirumah saya gak dijual, dan beli mobil yang lain hehe. katanya sih, sayang2 kalau kijang itu dijual, susah nyari yang nyaman hehe

  1. waahh kecepatan produksi adalah per 1,6 menit!!
    keren ini ya toyota, menerima kunjungan kelompok juga. bisa jadi tempat belajar dan menambah wawasan.

  2. wah ulasannya lengkap banget iniiii! senang bisa baca informasinya dari kamu, aku yang nggak ikut jadi sedikit tahu infonya. terima kasih untuk ulasannya, Mia 🙂

  3. Aku baru tahu soal pabrik toyota ini terbesar ketiga se-Asia. Pengen juga bisa touring sepeti ini, hehe namanya memang plant yah? Seperti tanaman yah?

  4. wahwah… banyak juga peraturannya pas mau berkunjung ke toyota. tapi emg iya sih pekerja harus lebih serius mengerjakan projectnya. nice info gans

    • iya, banyak banget. harus ini itu dan kudu ini itu. semua peraturan sih dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan kerja dan meningkatkan produktifitas karyawan

  5. saya suka dengan isi artikelnya dan saya baru tau bahwa pabrik Toyota yang berada di Karawang dan terbesar di asia. Kereenn

  6. wah mantap kak mia, udah pernah ngunjungin pabrik perakitan toyota..

    Kalau aku sih belum pernah haha paling pol juga datang ke tempat penjualan/sorum mobil toyota X)

  7. Seru banget sampe diundang ke pabriknya. Saya ingat dulu kalau berbicara toyota langsung kebayang mobil kijang lengkap dengan logonya. Bener bener merk yang hakjleb diingatan

  8. Terkadang dilema harus bangga atau tidak dengan predikat pabrik terbesar di asia. Bangga karena mereka memilih Indonesia yg artinya kemajuan ekonomi di berbagai lini.

    Tidak bangga karena dg kecepatan produksi 1.6 menit, berarti kita menyumbang berbagai macam persoalan lingkungan (berkurangnya lahan hijau untuk pembangunan pabrik, polusi akibat banyaknya kendaraan), kemacetan, dsb.

    Tapi, ya, kembali lagi, saya sendiri lebih suka pakai kendaraan pribadi drpd angkot. Soalnya jam operasinya terbatas & lambreta. Hehe

    Ga nolak juga diajak berkunjung ke pabriknya apalagi kalau goodie bagnya mobil new avanza (nglunjak. Haha). Penasaran sih, kayak apa pabriknya, budaya kerjanya, dan lain-lain.

    • iya, kalau kendaraan umum bisa lebih efektif dan efisien, mungkin masyarakat juga bakal pakai kendaraan umum daripada kendaraan pribadi untuk bekerja atau lainnya hehe

  9. Aku mungkin ngilu2 kalo di sana. Melihat alatß besar bikin hati keder. Tapi kelihatannya asyik banget ya Mia. Waktu itu aku pengen ikut… sangat menantang sekali kegiatannya. Sukses selalu, Mia. Berarti sekarang tdk takut lagi naik commuter pagi buta? Hehehe

  10. Wah jadi ingat zaman SMK, dulu study tour juga, kalau gak salah pembuatan 1 mobil mendekati 1 menit (lupa hee), hampir semua pembuatan mobil dikerjakan dengan robot, ada beberapa tahap juga harus dikerjakan oleh tangan manusia

  11. Lengkaap bgt mii nulisnyaaa
    Hehee

    Beruntung kamu bs ikut masuk pabriknya,

    Aku suka toyota rush punya babeh tp syg dah dijual hehe :3

  12. Haaaaay Miaaa yang harusnya jadi temen seperjalananku, tapi gak jadi karena tiba-tiba namanya enggak ada di list :”) hehehe

    Kemarin hadiah bertebaran, tapi aku enggak dapet 🙁

  13. Wiih.. sayang ya.. padahal saya pengen ikut juga waktu ada undangan kunjungan ke pabrik toyota ini, tiap mau ke jakarta cuma bisa liat logonya aja dr mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*