Tutorial Rambut Rapi Tanpa Sisir

Rambut adalah mahkota wanita, maka oleh karena daripada itu, setiap wanita memerlukan sebuah sisir untuk merapikan rambutnya. Tapi, hal tersebut seperti pengecualian buat gue, karena nyatanya, MIA ENGGAK PERNAH NYISIR. Ada alasan tertentu kenapa gue enggak pernah nyisir, salah satunya adalah karena tipikal rambut gue yang gampang lepek.

Pada suatu ketika setelah keramas, gue nyisir, eh malah sisirnya yang patah. Bukan, bukan itu alasannya. Jadi, suatu ketika setelah keramas gue langsung nyisir untuk merapikan rambut, eh pas kering, rambut gue megar gitu, kek rambut singa. Sehari setelah itu, rambut malah lepek, macam terlalu banyak kadar minyak dirambut gue.

Mia, pinjem sisir, dong

Neng, pinjem sisir.

De, sisir dimana sih?

Mey, bawa sisir gak?

Whoooaaaa, mereka bertanya perihal sisir ke gue. Padahal gue enggak pernah nyisir loh! Lalu, beberapa teman banyak yang bertanya kok bisa rambutnya rapi tanpa disisir? Mau tau caranya? Berikut tutorial rambut rapi tanpa sisir ala mia.

Gunakan Shampoo Sesuai Jenis dan Masalah Rambut

Scalp Care Shampoo

Ketika kedapatan rambut banyak ketombe, hal yang paling utama dilakukan adalah memilih shampoo yang memiliki kandungan untuk membasmi ketombe atau anti ketombe. Intinya, sesuaikan dengan jenis dan masalah rambut kamu. Jika rambut bercabang, pilih perawatan yang memang khusus untuk rambut bercabang. Keramaslah secara teratur, jangan terlalu sering. seminggu minimal 2x keramas deh.

Gunakan Conditioner

Jika rambut kamu sulit diatur, maka kamu harus menggunakan kondisioner tatkala ingin rambutnya rapi tanpa disisir. Karena kandungan dari kondisioner selain menutrisi, juga melembutkan dan menghaluskan rambut sehingga mudah diatur. Nah, dalam memilih jenis kondisioner, perlu diperhatikan kembali jenis dan masalah rambut kamu, ya!  Perlu diperhatikan juga, dalam pemakaian kondisioner, ada tatacara tersendiri loh. Beberapa produk ada yang menganjurkan pemakaian kondisioner hanya dari ujung hingga pertengahan rambut (tidak hingga kulit kepala,ya) dan ada beberapa juga yang mengajurkan menggunakan kondisioner keseluruh bagian. Makanya, daripada rambut tiba-tiba banyak yang rontok karena salah pemakaian, lebih baik baca dulu cara penggunaannya ya!

Gunakan Hair Mask/Hair Energy

Manfaat Hair Mask/Hair Energy atau masker rambut dengan conditioner sebenarnya hampir sama. Namun, intensitas penggunaan dan tatacara pemakainnya berbeda. Masker rambut hanya boleh digunakan minimal sebulan 2x, loh. Jika terlalu sering, bisa membuat rambut rusak. Inget, harus baca aturan pakai, ya!

Nah, tatacara pemakaian masker rambut juga berbeda dengan kondisioner. Masker rambut harus diaplikasikan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut sambil dipijat, diamkan 2-5 menit, lalu dibilas. Fungsi pijatan dikulit kepala yaitu merelaksasikan tubuh serta memperbaiki sirkulasi dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Oh iya, penggunakan kondisioner dan masker rambut jangan diaplikasikan dalam sekali keramas ya. Kalian harus pilih, mau kondisioner saja atau masker rambut only. Hal ini untuk menghindari ke-mubazir-an produk dan wangi rambut.

Jangan Mengeringkan Rambut Dengan Hair Dryer

Bagi kamu yang sering menggunakan hair dyer guna mengeringkan rambut, mulai sekarang dikurangi deh intensitas penggunaanya. Karena dengan menggunakan hair dryer, rambut kamu akan cepat berwarna merah, kek abis main layangan. Selain itu, menggunakan hair dryer hingga sangat kering, bisa membuat rambut kita mudah rontok dan sangat mengembang. Hal ini harus dihindari bagi kamu yang mau rapi tanpa disisir. Jadi, biarkan rambut yang setelah dikeramas tersebut kering dengan sendirinya tanpa bantuan alat apapun.

Lalu, bagaimana cara mengeringkannya? Kalau gue, menggunakan handuk, tapi tidak dengan cara mengacak-acak rambut ya. Rambut disampirkan kesamping kanan atau kiri, lalu apit menggunakan handuk dengan kedua tangan, di gosok-gosok hingga dirasa cukup kering. Setelah itu, biarkan dia kering dengan angin. And the wind make your hair dried itself

Gunakan Vitamin Rambut

Vitamin rambut ini sih penting-gak-penting dalam melancarkan aksi rambut rapi tanpa sisir. Tapi bagi gue, hal ini sangat penting. Karena rambut dikeringkan tanpa bantuan alat apapun, kecuali handuk. Nah pengaplikasian vitamin rambut ini dengan cara mengusapkan secara rata dari tengah hingga ujung rambut. Hal ini mampu merapikan rambut kamu tanpa bantuan sisir. Paham dong gimana cara menggunakan vitamin rambut?

Jangan Dikuncir Terlalu Erat

Ketika rambut sudah diberi perawatan sedemikian rupa nan mahal, jangan sekali-kali kamu menguncirnya terlalu erat. Karena bisa merusak tatanan rambut rapi kamu. Kuncirlah rambut dengan kekuatan seadanya, bukan sekuat tenaga. Selain merusak tatanan dan menghambat aksi rambut rapi tanpa sisir, dapat juga menimbulkan sakit pada kulit kepala hingga pusing.

Jangan Biarkan Rambut Tergerai Ketika Naik Motor

Hal ini perlu kamu hindari jika ingin melancarkan aksi rambut rapi tanpa sisir, ya. Karena jika rambut digerai ketika naik motor, maka rambut bisa kusut hingga terlihat kering. Kalau sudah kusut, kamu pasti harus meluruskan dengan bantuan sisir. Kalau sisirnya ada, kalau tidak? Malu-maluin ajah, ih. Nah, jika kering, biasanya kamu pergi ke toilet, lalu memercikan air ke rambut. Helloowww, yang ada rambut kalian malah keliatan lepek abis kena hujan.hihihi

Itulah tutorial mendapatkan rambut rapi tanpa sisir ala mia. Untuk produk apa saja yang gue gunakan demi melancarkan aksi rambut rapi tanpa sisir, akan dibahas pada postingan berikutnya ya. Bukan, bukan bermaksud jadi beauty blogger, tapi hanya mau berbagi saja. So, tulislah apa yang memang kamu ingin tulis, dan biarkan dunia tahu apa yang kamu tulis. Ah, ini bonus foto rambut rapi tanpa sisir dari gue ya! Yang lainnya bisa ngintip di instagram gue ehehehe. See ya!

PhotoGrid_1476976662187-300x300

Ps. jangan samakan perawatan rambut wanita dengan pria, ya HAHAHAHA

101 Replies to “Tutorial Rambut Rapi Tanpa Sisir”

  1. Foto yang terakhir sebelah kanan kek kenal tuh…
    ITU KAN SEBELAHNYA ADA GUE!
    Di-crop ikh jaad 🙁
    Udah lama nih gak hair mask semenjak pake jilbab ehehe rindu salon jadinya.
    Tiwi kok gasuka ya pake conditioner? Iya sih jadi halus, rapi, enteng gitu. Tapi bikin bau shampoo ilang 🙁

    • TENANG TIW, TENAAANG. Fot kita terpampang anis di isntagram. masih kurang? HAHAHA
      Hair mask enggak perlu ke salon juga sih, cukup dirumah aja beli yang sachet seharga marebu hehe.

  2. Mia pea :))
    Beneran di tulis.
    Wakakakakakaakakakakakakakaakakakakaka…

    Eh tapi kalo naik motor, rambutnya ka bena selalu dimasukin ke dalem helm, pomoknya sampe bener2 nggak kena polusi deh.

    • wkwkw beneran doong. Nah iya, untuk menghindari polusi juga. tapi ada beberapa nak muda gahul yang malah mengurai rambutnya pas lagi naik motor. duh, dalam hati “Kasian oy rambutnya”

  3. Aku jg kalo di rumah jrg banget sisiran, kak. Hahaha. Bisa ga nih diterapin ke anak lakiku? Karena dia plg ga betah kalo disisir T_T

    Buat yang rambutnya ikal gitu ga bisa dong ikutin tips kak mia?

    • kalau buat yang rambutnya ikal, bisa, tapi diliat lagi, ikalnya itu sangat ikal atau ikal biasa aja hehe. Tapi kemungkinan besar sih bakal tetap mengembang karena tipikal rambutnya ikal hehe

  4. Nice tips, Mia! Saya keramas bisa dibilang tiap hari, krn faktor lepek.. Tapi kadang takut juga jadi kering sih.. 🙂

  5. kenapa gak boleh disamakan perawatan rambut pria dan wanita mbak?

    kalau rambut prianya gondrong, apa gak sama aja itu?

    • sudah liat iklan sampo clear? nah itu ada penjelasannya, dan tidak semua lelaki berambut gondrong perawatannya macem ni hehe. mereka biasanya memilih lebih simple, yaitu hanya sampo saja

    • sesuai kebutuhan aja sih mau pakai hair mask atau conditioner, yang penting jangan keduanya disekaligus-in hehe.
      kalau ikal mengembang, jangan sampai di catok atau di bonding yah biar rambutnya lurus hehe

  6. Rambutnya Mia kalo dilihat dari foto gitu lembut ya? Punya juga teman yg jenis rambutnya seperti Mia. Iri banget, tanpa sisiran pun bisa rapi. Eh, ternyata mungkin ya dia praktikin tutorial yg di atas. Hihi

  7. ini tutorial khusus rambut cewek ya kan? Kok gak ada tutorial rambut khusus cowok ? 😀
    Hahaha ya gimana ya, kadang perawatan rambut cowok mah gampang, gak perlu pake disisir, cukup disisir pake tangan, terus dicipratin air sedikit biar klimis, wkwkw

  8. Waduh efek musim Tutorial kayanya hee
    Untuk cwo malah saya cuman pake shampo aja mba, kadang pake Conditioner kalo yang punya kaka gue masih banyak 😀

  9. Akuuuu sering bgt males sisiran, mana rambut panjang lagi. Ketolong karena pake jilbab. Coba enggak, ya kusut! Hahaahai

    Mau coba pake vitamin rambut ah

  10. Miaaa! Kamu sepertinya modus ngedapetin agensi buat iklan rambut. Baelah tutorialnya sungguh menggoda imanku yang sebagai ((mantan)) hairstylist kubilang BAGUUUUUS *kacamatanya

  11. Hihi… ssstt mba mia jangan kasih tahu siapa2 ya, kalau saya juga ga telaten urusan sisiran.. sering skip malahan. Hihi tapi bener deh pake conditioner dan vitamin rambut berguna banget buat bantu rambut lebih rapi.. ih rambut mba mia cakep banget ya.

  12. Aku juga paling males sisir rambut.. apalagi ada bayi cilik gini.. waktunya cuma buat urusin si kecil. Paling kalau udah nggak ketolong banget langsung berangkat nyalon. XD

  13. Kalo rambutnya lurus kayak punya kamu mah pasti bisa hidup tanpa sisir. Lah, akuuu.. Rambut ikal. Udah ngelakuin semuanya tetep nggak bisa. Hidup tanpa sisir buat yg rambut ikal itu mustahiiiillll.. Kecuali mau cuek, rambut kemana-mana dan bundet nggak karuan. Hahahaha…

  14. Rambutnya bagus bangeeeeeettt….

    Suka suka suka.
    Btw, makasih tipsnya. Rambutku rontok banget. Mungkin krn salah cara pakai kondisioner dan sering diikat.

  15. Untung itu buat cewek. hahaha. coba ntar Bikin tutorial buat cowo mi. Cara pake pomade tahan seharian full meskipun kena ujan, tanpa ngabisin 2kg pomade.
    *Komentar macam apa ini*

  16. Waaah rambutnya tetap keren dan kinclong walaupun ga sisiran. Saya ga bisa pake sembarangan shampo, ketombean

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*