Mengenal Apa itu Saham

Saham adalah surat yang menjadi bukti bahwa seseorang memiliki bagian modal suatu perusahaan. Seseorang yang memiliki saham artinya memiliki hak atas sebagian aset perusahaan.

Salah satu manfaat utama saham adalah saham bisa di manfaatkan sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang atau jangka pendek. Bagi para investor yang memanfaatkan sahamnya sebagai investasi jangka pendek biasanya mengharapkan adanya capital gain dari selisih harga jual dan harga belinya.

Investasi saham adalah penanaman modal dalam bentuk penyertaan sejumlah dana oleh seseorang atau badan usaha yang mana melalui instrumen tersebut mereka memiliki klaim atas aset dan penghasilan perusahaan serta berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Apa itu Jam Bursa Saham Indonesia?

Jam bursa saham adalah jangka waktu yang diberikan oleh lembaga penyedia sarana jual-beli saham kepada para investor dan trader untuk memasukkan permintaan beli dan penawaran jual saham. Jadwal ini diperlukan mengingat kegiatan dalam bursa efek diawasi oleh lembaga pengawas, misalnya Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Cropped image of businessman sitting by the table in cafe and analyzing indicators on laptop computer Free Photo
Freepik

Transaksi yang dilakukan di luar jadwal akan berkonsekuensi pembayaran tersebut tidak sah. Biasanya, jam bursa saham berlangsung pukul 09.00 – 16.30, berlangsung mulai hari Senin hingga Jumat dan tidak termasuk hari libur nasional.

Jam Bursa Saham Reguler

Pasar reguler merupakan tempat untuk jual beli saham dalam satuan lot. Umumnya, 1 lot akan berisi 100 lembar saham. Melalui pasar inilah investor akan melakukan tawar-menawar dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

  • Sesi pertama, pada pukul 09.00.00 sampai dengan 12.00.00
  • Sesi kedua, pada pukul 13.30.00 sampai dengan 15.49.59

Jual beli saham apakah ada pajaknya? jawabannya

Materai Rp 10.000 untuk setiap transaksi saham di atas Rp 10 juta berlaku mulai 1 Maret 2022 lalu, kini investor harus siap-siap mengeluarkan tambahan biaya lagi untuk setiap transaksi saham.

Berapa Lama Proses Penjualan Saham?

Saat seseorang menjual saham miliknya, uang akan masuk ke rekening efek miliknya dalam waktu tiga hari. Setelah itu, uang tersebut baru bisa ditarik ke rekening bank. Akan tetapi, Bursa Efek Indonesia atau BEI kemudian mempercepat proses transaksi menjadi dua hari atau H+2. Dengan begitu, para investor yang menjual sahamnya akan mendapatkan uang mereka dengan lebih cepat atau bisa menggunakannya kembali untuk membeli saham lainnya yang dinilai menguntungkan.

Jam Perdagangan Derivatif – Kontrak Berjangka

Apa dan seperti apa jam perdagangan derivatif itu sendiri? Dari pertanyaan ini, kamu mungkin menyadari bahwa belajar saham tidak bisa dilakukan dalam satu malam. Kamu harus selalu memperkaya pengetahuan dan menggali informasi sebanyak-banyaknya agar bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi di pasar saham.

Derivatif merupakan salah satu unsur instrumen yang bisa kamu jadikan sebagai instrumen investasi. Instrumen ini tercatat di BEI selain saham, reksadana, dan obligasi. Singkat kata, derivatif adalah perjanjian kontrak antara dua pihak atau lebih dengan tujuan jual beli aset maupun komoditas. Kontrak ini kemudian akan menjadi objek perdagangan dengan harga yang disetujui oleh pihak pembeli dan penjual.

Harga aset atau komoditas induk mempengaruhi harga nilai kontrak ini. Mengapa demikian? Sebenarnya, derivatif merupakan produk turunan dari semua instrumen investasi yang tersedia di pasar. Salah satu jenis derivatif adalah kontrak berjangka atau futures. Seperti instrumen investasi lainnya, produk ini juga memiliki jam perdagangannya tersendiri.

Sesi pertama dilakukan pada pukul 08.45 sampai 11.30 dan sesi kedua dilakukan pukul 13.30 sampai 15.15 pada waktu JATS (Jakarta Automated Trading System) yang operasionalnya adalah di hari Senin sampai Jumat. Sebagai informasi, perdagangan dari seri kontrak yang jatuh tempo berakhir di sesi dua yaitu pada pukul 15.00 waktu JATS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*